BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAAN PNEUMONIA PADA BAYI DN BALITA UMUR 2 BULAN - 5 TAHUN DI KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR.

ACHMAD, ACHMAD (2007) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAAN PNEUMONIA PADA BAYI DN BALITA UMUR 2 BULAN - 5 TAHUN DI KECAMATAN KUARO KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Pneumonia merupakan kumpulan gejala penyakit radang akut pada saluran napas bagian bawah. Berdasarkan laporan tahunan diseksi program pemberantasan penyakit menular (P2ML) Kabupaten Paser tahun 2006, penemuan kasus pneumonia pada bayi dan balita umur 1 bulan - 5 tahun sebesar 233 jiwa. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumonia pada balita di wilayah kecamatan kuaro kabupaten Paser Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan pendekatan potong lintang. Populasi dalam penelitian ini adalah anak bayi dan balita umur 2 bulan - 5 tahun sebeesar 269 anak, kemudian sampel diambil sebanyak 43 menggunakanmetode acak sederhana. Analisis data menggunakan rasio prevalensi (RP) serta uji chi square dengan nilai p=0,05, hasil penelitian ini menujukkan bahwa faktor risiko status imunisasi, status gizi, jenis kelamin, lama pemberiaan ASI, umur, tipe rumah, kepadatan hunian, pemakaian bahan bakar, pencahayaan, penyekat dapur, kelembaban, dan lantai rumah tidak berhubungan dengan kejadiaan pneumonia, hanya tingkat pendidikan orang tua sebagai faktor risiko yang bermakna terhadap kejadiaan pneumonia yaitu RP=14,667, 95% CI=3,100-69391, dan nilai p=0,001, perlu penyuluhan kepada oarng tua bayi dan balita, minimal sebulan sekali diposyandu, serta peran aktif petugas mengingat rendahnya tingkat pendidikan. Kata Kunci: Pneumonia, balita, faktor

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38023
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:22 Jan 2013 10:08
Last Modified:22 Jan 2013 10:08

Repository Staff Only: item control page