HUBUNGAN MASA KERJA DAN PENGGUNAAN APD DENGAN KAPASITAS FUNGSI PARU PADA PEKERJA TEKSTIL BAGIAN RING FRAME SPINNING I DI PT. X KABUPATEN PEKALONGAN

FAHMI, TORIK (2012) HUBUNGAN MASA KERJA DAN PENGGUNAAN APD DENGAN KAPASITAS FUNGSI PARU PADA PEKERJA TEKSTIL BAGIAN RING FRAME SPINNING I DI PT. X KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
5Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

PT. X adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang spinning. Bahan baku yang digunakan oleh PT. X adalah serat sintesis berupa polyester dan rayon. Paparan polyester dan rayon dapat mengakibatkan emfisema dan bronchitis kronik. Laporan harian data penaykit poliklinik PY. X pada bulan April tahun 2012 menyebutkan bahwa, kasus terbanyak di PT. X yaitu ISPA sebesar 30%. Tujuan penelitian ini adlah untuk menganalisis hubungan masa kerja dan penggunaan APD dengan kapasitas fungsi paru pada pekerja bagian ring frame spinning I PT. X kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan [enelitian kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research dan menggunakan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 45 pekerja bagian Ring frame Spinning I. Pengukuran kapasitas fungsi paru menggunakan spirometri, penggunaan APD dengan menggunakan observasi. Analisis data menggunakan analisis Univariat rank spearman dan korelasi point-biserial. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada hubungan antara masa kerja dengan kapasitas fungsi paru (KVP dan VEP1) dengan P-value 0,01 dan 0,02 dan tidak ada hubungan antara penggunaan APD dengan kapasitas fungsi paru (KVP, VEP1) dengan P-value 0,51 dan 0,29. Kata Kunci: masa kerja, penggunaan APD, Kapasitas fungsi paru.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:38017
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:22 Jan 2013 09:46
Last Modified:22 Jan 2013 09:46

Repository Staff Only: item control page