Uji Efektifitas Insektisida Cynoff Terhadap Daya Bunuh Vektor Demam Berdarah Dengue (DBD)Aedes spp. (Studi pada Nyamuk Di Daerah Endemis DBD Kelurahan Tembalang)

Hasanah, Nanang (2008) Uji Efektifitas Insektisida Cynoff Terhadap Daya Bunuh Vektor Demam Berdarah Dengue (DBD)Aedes spp. (Studi pada Nyamuk Di Daerah Endemis DBD Kelurahan Tembalang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Penyakit DBD masih menjadi masalah kesehatan sampai saat ini. Salah satu pengendalian penyakit DBD dilakukan dengan mengendalikan vektor penyakitnya. Dinas Kesehatan Kota Semarang telah melakukan pengendalian vektor nyamuk DBD dengan menggunakan insektisida Cynoff sejak tahun 2006, tetapi IR penyakit DBD tahun 2007 sampai dengan April 2008 masih tinggi di Kelurahan Tembalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas insektisida Cynoff terhadap vektor DBD Aedes spp. di daerah endemis DBD kelurahan Tembalang kota Semarang. Objek penelitian ini adalah nyamuk aedes spp. betina yang berasal dari kelurahan Tembalang yang diperoleh dari koleksi larva yang kemudian dipelihara sampai keturunan kedua. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan design penelitian Randomized Post Test with Control Group Design. Hasil menunjukkan efek knock down setelah satu jam setelah kontak dengan insektisida Cynoff sebesar 100% baik di dalam maupun di luar rumah. Untuk uji 24 jamsetelah kontak, kematian di dalam maupun di luar rumah sebesar 100%. sehingga dapat disimpulkan insektisida Cynoff efektif digunakan dalam pengendalian vektor DBD aedes spp. di kelurahan Tembalang. Kata Kunci: insektisida Cynoff, DBD, Aedes spp.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37987
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:21 Jan 2013 11:02
Last Modified:21 Jan 2013 11:02

Repository Staff Only: item control page