Perbedaan Rata - Rata Indeks Massa Tubuh, Lingkar Pinggang, dan Rasio Lingkar Pinggang dan Panggul pada Penderita Dislipidemia dan Non Dislipidemia (Studi di Laboratorium BRSD RAA Soewondo Pati)

Sari, Gracilaria Puspa (2008) Perbedaan Rata - Rata Indeks Massa Tubuh, Lingkar Pinggang, dan Rasio Lingkar Pinggang dan Panggul pada Penderita Dislipidemia dan Non Dislipidemia (Studi di Laboratorium BRSD RAA Soewondo Pati). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Dislipidemia adalah kelainan metabolisme lipid yang ditandai dengan peningkatan maupun penurunan fraksi lipid dalam plasma. kelainan fraksi lipid yang paling utama adalah kenaikan kadar kolesterol total, kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL), kenaikan kadar trigliserida serta penurunan kadar kolesterol High Density Lipoprotein (HDL). Salah satu faktor risiko dislipidemia adalah obesitas yang dapat diukur dengan pengukuran antropometri dengan menggunakan Indeks Massa Tubuh, lingkar pinggang dan RLPP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan rata- rata Indeks Massa Tubuh, Lingkar pinggang dan RLPP pada penderita dislipidemia dan non dislipidemia.penelitian ini menggunakn jenis penelitian explanatory research dengan metode pendekatan survei dan desain penelitian dengan pendekatan cross sectional. sampel yang digunakan adalah semua pasien rawat jalan yang memeriksakan kadar lipid darahnya di laboratoriumBRSD RAA Soewondo Pati pada tanggal 24 Juli 2008 - 21 Agustus 2008 yaitu sebanyak 190 responden. analisis data menggunakan independent t- test. hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 52,6% responden mengalami dislipidemia. sebagian besar responden 51,6% berjenis kelamin perempuan dan usia responden terbanyak antara 46-55 tahun (45,3%). Hasil pada responden laki-laki dengan dislipidemia terbanyak memiliki IMT antara 30,0-34,9 yaitu sebanyak 86,7%, lingkar pinggang >90 cm sebanyak 81,4% dan RLPP >0,9 sebanyak 80,4%. pada responden perempuan dengan dislipidemia terbanyak memiliki IMT 35,0-39,9 sebanyak 100%, lingkar pinggang >80cm sebanyak 71,2% dan RLPP>0,8 sebanyak 59,4%. analisis statistik menunjukkan ada perbedaan rata-rata Indeks Massa Tubuh, lingkar pinggang dan RLPP pada penderita dislipidemia dan non dislipidemia. disarankan perlunya menjaga IMT, lingkar pinggang dan RLPP agar tidak melewati batas normal. Kata Kunci: indeks massa tubuh, lingkar pinggang , rasio lingkar pinggang dan panggul, dislipidemia

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37980
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Jan 2013 10:32
Last Modified:21 Jan 2013 10:32

Repository Staff Only: item control page