PENGARUH KONSUMSI BENGKOANG TERHADAP PENURUNAN DEBRIS SERTA PLAK INDEKS, PERUBAHAN pH SALIVA, pH PLAK DAN PENURUNAN SKOR PLAK LAMA SERTA PLAK BARU (Kajian Pada Anak Sekolah Dasar Dalam Pengendalian Karies Gigi)

BUDIATI, RISNA ENDAH (2008) PENGARUH KONSUMSI BENGKOANG TERHADAP PENURUNAN DEBRIS SERTA PLAK INDEKS, PERUBAHAN pH SALIVA, pH PLAK DAN PENURUNAN SKOR PLAK LAMA SERTA PLAK BARU (Kajian Pada Anak Sekolah Dasar Dalam Pengendalian Karies Gigi). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Karies gigi merupakan masalah utama kesehatan gigi dan mulut. Penyakit ini terjadi karena demineralisasi jaringan permukaan gigi oleh asam organis yang berasal dari makanan kariogenik. Bengkoang merupakan buah berserat dan mempunyai kadar air cukup tinggi sehingga dengan mengkonsumsi bengkoang diharapkan terjadi penurunan debris indeks, plak indeks, perubahan pH saliva, pH Plak serta jumlah plak lama dan plak baru yang signifikan untuk mencegah timbulnya karies. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsumsi bengkoang terhadap penurunan debris indeks,plak indeks, perubahan pH saliva dan pH Plak, skor plak lama dan Plak baru untuk mencegah karies gigi pada siswa kelas IV SDN Pringtulis I Nalumsari Jepara. Penelitian ini merupakan peneitian eksperimental dengan rancangan eksperimen semu dan pendekatan sebelum dan sesudah perlakuan. Populasi adalah 53 responden yang diambil dengan total populated sampling. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon (alfa<0,05). Hasil penelitian terhadap semua variabel membuktikan ada pengaruh (@ p=0,000). Dalam upaya pencegahan karies gigi di sekolah, perlu ditingkatkan konsumsi makanan berserat dan pengurangan konsumsi makanan kariogenik. Kata Kunci: Bengkoang, Karies Gigi, Siswa SD

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37965
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:21 Jan 2013 09:40
Last Modified:21 Jan 2013 09:40

Repository Staff Only: item control page