GAMBARAN FAKTOR - FAKTOR PADA PETUGAS LABORATORIUM YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESALAHAN BACA (ERROR RATE) SLIDE BTA. (Studi Pada Puskesmas dengan Error rate Tinggi dan Rendah di Kabupaten Ketapang).

BASRI, HASAN (2008) GAMBARAN FAKTOR - FAKTOR PADA PETUGAS LABORATORIUM YANG BERHUBUNGAN DENGAN KESALAHAN BACA (ERROR RATE) SLIDE BTA. (Studi Pada Puskesmas dengan Error rate Tinggi dan Rendah di Kabupaten Ketapang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Salah satu masalah yang ada dalam program Penanggulangan Penyakit Tuberkulosis Paru adalah mutu pemeriksaan dahak petugas laboratorium Puskesmas masih banyak yang rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan uji silang untuk mengetahui angka error rate. Kabupaten Ketapang pada tahun 2007 adalah 12,3%. Standar error rate dari Departemen Kesehatan yaitu <5%. Tujuan dari penelitian ini adalah Menggambarkan Faktor-faktor Pada Petugas Laboratorium yang berhubungan Dengan angka Kesalahan Baca (Error rate)Pada Puskesmas dengan Error raete Tinggi dan Rendah. Jenis penelitian ini adalah diskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. sampel dalam penelitian ini adalah seluruh petugas laboratorium Puskesmas yang melakukan pemeriksaan dahak secara mikroskopis. dari 29 Puskesmas terdapat 11 Puskesmas dengan error rate rendah dan 18 Puskesmas dengan error rate dan 18 Puskesmas dengan error rate tinggi. dari hasil penelitian pada Puskesmas error rate rendah yang melakukan secara benar dalam (pengambilan sampel dahak 72,8%, penggunaan alat laboratorium 90,9%, cara fiksasi 100,0%, cara pewarnaan slide BTA 81,8%, dan pembacaan hasil pemeriksaan 100,0%), sedangkan pada Puskesmas dengan error rate tinggi yang melakukan secara benar dalam (pengambilan sampel dahak 33,3%, penggunaan alat laboratorium 22,2%, cara fiksasi 38,9%, cara pewarnaan slide BTA 27,8% dan pembacaan hasil pemeriksaan 16,7%). Kesimpulannya bahwa masih banyak petugas laboratorium pada Puskesmas error rate tinggi melakukan kesalahan mulai dari pengambilan sampel dahak sampai pembacaan hasil dibawah mikroskop. Untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan dahak oleh petugas laboratorium Puskesmas perlu dilakukan, pelatihan petugas, supervisi dan bimbingan intensif, melengkapi kebutuhan laboratorium, uji kalibrasi miskroskop. Kata Kunci: TB Paru, Petugas Laboratorium, Error rate

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37956
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:18 Jan 2013 13:02
Last Modified:18 Jan 2013 13:02

Repository Staff Only: item control page