GAMBARAN FAKTOR PENEGETAHUAN, KEBERSIHAN DIRI DAN KONDISI LINGKUNGAN(Studi Kejadian Skabies di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Desa Durian Lecah Kec. Sungai Manau Kab. Merangin Propinsi Jambi)

AKMAL, AKMAL (2008) GAMBARAN FAKTOR PENEGETAHUAN, KEBERSIHAN DIRI DAN KONDISI LINGKUNGAN(Studi Kejadian Skabies di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Desa Durian Lecah Kec. Sungai Manau Kab. Merangin Propinsi Jambi). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Skabies 'gudig" merupakan penyakit kulit menular yang disebabkan oleh S. scabiei Penyakit ini sering dijumpai pada tempat-tempat yang padat penduduknya dengan keadaan kebersihan diri yang kurang. Prevalensi di beberapa Negara berkembang 6-12% dari populasi umum, dengan prevalensi tertinggi pada anak usia sekolah dan remaja. Penyakit ini dijumpai di Pondok Pesantren NURUL YAQIN desa Durian Lecah, hampir semua santri mengatakan pernah menderita skabies 98 (84%.) Tujuan penelitian untuk menggambarkan Faktor Pengetahuan, Kebersihan Diri dan Kondisi Lingkungan (Studi Kejadian Skabies di Pondok Pesantren NURUL YAQIN Desa Durian Lecah). Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan Cross sectional. Populasi adalah santri putra di Pondok Pesantren NURUL YAQIN berjumlah 289 orang, sampel sebanyak 116 orang di pilih dengan teknik simple random. Data diambil melalui wawancara langsung dengan responden menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan ada 24 (20,7%) responden yang menderita skabies, (24,0%) mempunyai tingkat pengetahuan cenderung rendah, (21,4%) kebersihan diri tinggi, (26,4%) kepadatan ruangan tinggi dan suhu ruangan > 25oC. Kata Kunci: Pesantren Nurul Yaqin, skabies, kebersihan diri suhu lingkungan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37949
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:17 Jan 2013 11:38
Last Modified:17 Jan 2013 11:38

Repository Staff Only: item control page