BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETEPATAN WAKTU PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B DOSIS KE-1 (HB-0) PADA BAYI UMUR 0-7 HARI (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEGANDAN KOTA SEMARANG)

WIDIAWATI, AGUS (2008) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETEPATAN WAKTU PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B DOSIS KE-1 (HB-0) PADA BAYI UMUR 0-7 HARI (STUDI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEGANDAN KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Penyakit Hepatitis B adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Virus Hepatitis B (VHB) yang menyerang hati dan dapat bersifat akut atau menahun. Pencegahan Hepatitis B yang paling efektif adalah melalui imunisasi HB-0 pada tujuh hari pertama sejak bayi lahir. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu imunisasi HB-0 di masing-masing daerah berbeda. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui beberapa faktor yang berhubungan dengan ketepatan waktu pemberian imunisasi HB-0 pada bayi umur 0-7 hari di wilayah kerja Puskesmas Pegandan. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian ini yaitu 80 ibu yang memiliki bayi yang berumur di bawah 1 tahun di wilayah kerja Puskesmas Pegandan yang diambil menggunakan teknik simple random samling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji chi square dan fisher's exact. Berdasarkan uji statistik diketahui bahwa tidak ada hubungan antara umur ibu (p=0,275), tingkat pendidikan ibu (p=0,49), status bekerja ibu (p=p=0,71), tempat persalinan (p=1,00), frekuensi ANC (p=0,27), dan ketersediaan pelayanan kesehatan (p=1,00) dengan ketepatan waktu pemberian imunisasi HB-0 pada bayi umur 0-7 hari. Serta ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu (p=0,03), sikap ibu (p=0,02), dan persepsi dukungan keluarga (p=0,001) dengan ketepatan waktu pemberian imunisasi HB-0 pada bayi umur 0-7 hari. Berdasarkan hasil penelitian maka perlu peningkatan penyuluhan kepada ibu dan keluarga ibu bayi mengenai pentingnya imunisasi HB-0 sehingga semakin mendukung pelaksanaan imunisasi HB-0 pada bayi umur 0-7 hari dan monitoring pelaksanaan imunisasi HB-0 di tempat praktek penolong persalinan. Kata Kunci: ketepatan waktu, imunisasi HB-0

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37948
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Jan 2013 11:32
Last Modified:17 Jan 2013 11:32

Repository Staff Only: item control page