ANALISIS IMPLEMENTASI TEKNIS PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN PADA PABRIK 1A DAN 1B DI INDUSTRI PUPUK X (BERDASARKAN STANDAR DI INDONESIA)

DEWI, RINI PUSPITA (2012) ANALISIS IMPLEMENTASI TEKNIS PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN KEBAKARAN PADA PABRIK 1A DAN 1B DI INDUSTRI PUPUK X (BERDASARKAN STANDAR DI INDONESIA). Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Kebakaran merupakan suatu peristiwa terjadinya nyala api yang tidak dikehendaki. Pencegahan dan penanggulangan kebakaran perlu dilakukan karena kerugian yang ditimbulkan sangat besar baik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan penelitian ini menganalisis implementasi teknis pencegahan dan penanggulangan kebakaran pada pabrik 1A dan 1B di industri pupuk X berdasarkan standar yang ada di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode observasional dan pendekatan survei yaitu pengumpulan data dan informasi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran di industri pupuk X kemudian diukur tingkat kesesuaiannya dengan standar yang ada di Indonesia. Subyek dalam penelitian ini adalah unit penanggulangan, superintendent, supervisor shift, dan supervisor reguler. Obyek penelitian ini adalah sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran meliputi APAR, hidran, deteksi kebakaran, alarm, sprinkler, dan sarana evakuasi,serta prosedur penanggulangan kebakaran dan keadaan darurat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada pabrik 1A dan 1B memiliki presentase kesesuaian terhadap standar di Indonesia yaitu: Unit penanggulangan kebakaran di industri pupuk X sebesar 73%, pemasangan instalasi alarm kebakaran automatik sebesar 95%, pemasangan APAR untuk pabrik 1A sebesar 85%, sedangkan pabrik 1B 89%, untuk pemasangan pencahayaan darurat,tanda arah, dan sistem peringatan bahaya bangunan sebesar 83%, pemasangan hidran sebesar 62%, 100% sudah sesuai untuk prosedur keadaan darurat, syarat K3 di industri kimia, dan manajemen pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Kata Kunci: Kebakaran, Standar, Implementasi, pencegahan, penanggulangan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37936
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Jan 2013 10:50
Last Modified:17 Jan 2013 10:50

Repository Staff Only: item control page