KAITAN ANTARA PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT DALAM PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DENGAN KEPADATAN LARVA Aedes spp (Studi di RW 28 Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak)

NURYAKIN, NURYAKIN (2008) KAITAN ANTARA PENGETAHUAN DAN TINDAKAN MASYARAKAT DALAM PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK DENGAN KEPADATAN LARVA Aedes spp (Studi di RW 28 Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat Kota Pontianak). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
12Kb

Abstract

Kepadatan Larva Aedes spp adalah jumlah populasi larva Aedes spp yang diukur dengan larva index HI, CI, dan BI. Angka Bebas Jentik di Kelurahan Sungai Beliung pada tahun 2007 masih rendah yaitu 52,2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan antara pengetahuan dan tindakan masyarakat dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan Kepadatan Larva Aedes spp. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Explanatory Research. Rancangan penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah rumah/bangunan dan ibu rumah tangga dengan jumlah total 370 rumah/bangnuan kemudian sampel diambil sebanyak 192 dengan metode Simpel random sampling. Dari uji statistik Chi-Square didapatkan ada kaitan antara tindakan dalam PSN dengan kepadatan larva Aedes spp pada tingkat signifikansi alpha 0,05 diperoleh p= 0,000 dan tidak ada kaitan antara pengetahuan tentang PSN dengan kepadatan larva <1>Aedes spp pada tingkat signifikansi alpha 0,05 diperoleh p= 0,140. Kepadatan Larva Aedes spp berdasarkan index kepadatan didapat Container Index=29,64%, House Index= 77,1%, Breteau Index=181,25. Dalam Ppenelitian ini diperoleh responden dengan pengetahuan baik 63% dan responden dengan tindakan baik 16,1%. Dari hasil penelitian tersebut disarankan meningkatkan partisipasi masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menekan kepadatan larva Aedes spp dengan cara 3M yaitu menguras bak mandi seminggu sekali, menutup rapay tempat penampungan air serta mendaur ulang sampah berupa kaleng bekas, ban bekas, botol plastik bekas dan sejenisnya yang dapat menampung air hujan Kata Kunci: PSN, Kepadatan larva, Aedespp

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37928
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Jan 2013 09:32
Last Modified:17 Jan 2013 09:32

Repository Staff Only: item control page