BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM TIFOID PADA ANAK (STUDI KASUS PENDERITA DEMAM TIFOID DIRUANG ANAK RSUD DOKTER SOESELO KABUPATEN TEGAL)

ATIN, SRI (2008) BEBERAPA FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DEMAM TIFOID PADA ANAK (STUDI KASUS PENDERITA DEMAM TIFOID DIRUANG ANAK RSUD DOKTER SOESELO KABUPATEN TEGAL). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Demam tifoid adalah gambaran demam yang disebabkan oleh kuman Salmonella Typhosa. Penyakit demam tifoid sangat erat hubungannya dengan higiene perorangan yang kurang baik, sanitasi lingkungan uang jelek, serta fasilitas kesehatan yang tidak terjangkau oleh sebagian masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Tegal. Peneliatian bertujuan untuk menganalisa beberapa faktor yang berhubungan dengan kejadian demam tifoid pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasi dengan menggunakan metode survei dan wawancara dengan pendekatan Case Control. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 responeden yang terdiri dari 42 responden kelompok kasus dan 42 responden kelompok kontrol, yang hasilnya dianalisa dengan uji statistik Chi Square 5%. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara tingkat pengetahuan orang tua, kepemilikan sarana air bersih, kepemilikan jamban, kebiasaan jajan, kebiasaan cuci tangan sebelum makan dengan kejadian demam tifoid pada anak. Untuk meningkatkan pengetahuan dan higiene perorangan serta membeli makanan yang bersih dan aman untuk dikonsumsi. Kata Kunci: Knowledge, individual hygiene, occurring of typhoid fever

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37926
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:17 Jan 2013 09:23
Last Modified:17 Jan 2013 09:23

Repository Staff Only: item control page