HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN KERJA DENGAN TINGKAT KEBOSANAN KERJA PADA OPERATOR CENTRAL CONTROL ROOM PLTU-1 JAWA TENGAH (REMBANG)

Istianingsih, Lilik (2012) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN KERJA DENGAN TINGKAT KEBOSANAN KERJA PADA OPERATOR CENTRAL CONTROL ROOM PLTU-1 JAWA TENGAH (REMBANG). Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
7Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Pekerjaan atau aktivitas di ruang kendali (control room) menuntut konsentrasi, kewaspadaan, serta kecepatan respon yang cukup tinggi dengan sikap kerja duduk dalam waktu yang lama dan bersifat monoton sehingga dapat menimbulkan kebosanan. Kebosanan kerja merupakan manifestasi awal terjadinya stres kerja yang dapat disebabkan oleh perasaan tidak enak, kurang bahagia, kurang istirahat dan perasaan lelah. Hal tersebut dapat mengakibatkan penurunan produksi. Salah satu penyebab kebosanan pada operator adalah kondisi lingkungan kerja dimana operator tersebut bekerja. Tinggi atau rendahnya kebosanan kerja yang dialami tergantung pada cara operator tersebut mempersepsikan lingkungan kerjanya. Tujuan penelitian mengetahui hubungan persepsi terhadap kondisi lingkungan kerja (fisik dan psikososial) dengan tingkat kebosanan kerja pada operator Central Control Room PLTU-1 Jawa Tengah (Rembang) dengan jumlah responden 27 orang. Jenis penelitian adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Alat ukur yang digunakan sebagai alat utama pengumpulan data adalah kuesioner berupa skala persepsi terhadap kondisi lingkungan kerja dan skala tingkat kebosanan kerja yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi operator terhadap kondisi lingkungan fisik sudah cukup baik (55,6%), persepsi terhadap kondisi lingkungan fisik sudah cukup baik (77,8%) dan tingkat kebosanan kerja yang dialami tingkat sedang (74,1%). Berdasar uji statistik 0,05; r = -0,548hipotesis pertama, menghasilkan pvalue = 0,003 pada dan berdasar uji statistik hipotesis kedua, menghasilkan pvalue = 0,046 0,05; r = -0,388pada Kesimpulan : Ada hubungan hubungan negatif antara persepsi terhadap kondisi lingkungan fisik dan tingkat kebosanan kerja pada operator Central Control Room PLTU-1 Jawa Tengah (Rembang) dan ada hubungan hubungan negatif antara persepsi terhadap kondisi lingkungan psikososial dan tingkat kebosanan kerja pada operator Central Control Room PLTU-1 Jawa Tengah (Rembang). Kata Kunci: persepsi, lingkungan fisik, lingkungan psikososial, kebosanan, operator

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37908
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 Jan 2013 11:01
Last Modified:16 Jan 2013 11:01

Repository Staff Only: item control page