ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK KARYAWAN DALAM MENERAPKAN PROGRAM BBS (BEHAVIOR-BASED SAFETY) DI PERUSAHAAN FORMULASI PESTISIDA SEMARANG

Elita, Taufiq Ade (2012) ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PRAKTIK KARYAWAN DALAM MENERAPKAN PROGRAM BBS (BEHAVIOR-BASED SAFETY) DI PERUSAHAAN FORMULASI PESTISIDA SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Berbagai usaha telah dilakukan untuk menciptakan tempat kerja yang sehat dan selamat dari kecelakaan kerja, termasuk memperkenalkan program perilaku berbasis keselamatan Behavior-Based Safety atau BBS, dengan mengubah perilaku tidak aman karyawan menjadi perilaku aman. Perusahaan Formulasi Pestisida Semarang telah menggunakan BBS sejak tahun 2005, namun dalam penerapannya belum maksimal, terlihat masih mengalami beberapa kendala komunikasi, kurang mendapat tanggapan, penerapan BBS hanya pada karyawan tetap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan dan sikap dengan praktik karyawan dalam menerapkan program BBS Behavior-Based Safety di Perusahaan Formulasi Pestisida. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam, pengamatan serta telaah dokumen. Subyek penelitian adalah karyawan di Perusahaan Formulasi Pestisida Semarang yang didapatkan sebanyak 6 orang. Informan triangulasi yaitu supervisor dan petugas SHE. Hasil penelitian menunjukkan kendala penerapan program BBS di Perusahaan Formulasi Pestisida Semarang antara lain: karyawan hanya memenuhi tugas dan mengejar penghargaan; item dalam checklist BBS kurang fokus; kurangnya perhatian manajemen bagi karyawan kontrak pendek dan dalam tindak lanjut. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada kesesuaian antara pengetahuan dan sikap dengan praktik sebagian besar subyek penelitian dalam menerapkan program BBS. Kata Kunci: pengetahuan, sikap, praktik, Behavior Based Safety (BBS)

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37906
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 Jan 2013 10:41
Last Modified:16 Jan 2013 10:41

Repository Staff Only: item control page