BESAR RISIKO KEJADIAN CARPAL TUNNEL SYNDROME (CTS) PADA IBU RUMAH TANGGA DENGAN PEKERJAAN PEMBATIK DI KELURAHAN METESEH KOTA SEMARANG

SULISTIANTO, YOGO (2012) BESAR RISIKO KEJADIAN CARPAL TUNNEL SYNDROME (CTS) PADA IBU RUMAH TANGGA DENGAN PEKERJAAN PEMBATIK DI KELURAHAN METESEH KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Carpal Tunnel Syndrome adalah salah satu jenis cumulative trauma disorder (CTD) yang terjadi karena terjebaknya saraf medianus dalam terowongan karpal pada pergelangan tangan. Gejala CTS meliputi rasa nyeri, rasa bengkak, kaku, rasa panas, mati rasa, dan kesemutan pada jari tangan didaerah persarafan nervus medianus. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besar risiko kejadian CTS pada ibu rumah tangga dengan pekerjaan sebagai di kelurahan Meteseh kota Semarang. Penelitian ini merupakan explanatory research dengan metode survey dan case control sebagai rancangan penelitiannya dimana terdiri dari 30 kasus pada ibu rumah tangga pembatik dan 30 kontrol pada ibu rumah tangga non pembatik dengan perbandingan kasus dan kontrol 1 : 1. Data dianalisis menggunakan uji chi square odds ratio dengan p=0,05 dengan 95% confident interval (CI) untuk mengetahui besar faktor risiko antara dua kelompok yang tidak berhubungan. Hasil penelitian menunjukan faktor risiko terhadap kejadian CTS berdasarkan pekerjaan lebih besar 6,4 terhadap ibu rumah tangga pembatik dibandingkan dengan ibu rumah tangga non pembatik dengan nilai (OR = 6,4 dan CI 95% = 2,0-19,7) dan p value sebesar p=0,002 yaitu pekerjaan pembatik mempunyai hubungan terhadap kejadian CTS pada ibu rumah tangga pembatik. Kata Kunci: Ibu rumah tangga pembatik, ibu rumah tangga non pembatik, CTS.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37903
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:16 Jan 2013 10:13
Last Modified:16 Jan 2013 10:13

Repository Staff Only: item control page