KUALITAS BAKTERIOLOGIS BERDASARKAN KEBERADAAN Salmonella sp DAN JUMLAH KUMAN TOTAL DALAM LALAPAN (Studi pada warung makan tenda di sepanjang Jalan Raya Kelurahan Tembalang)

SARI, RIKA PUSPITA (2009) KUALITAS BAKTERIOLOGIS BERDASARKAN KEBERADAAN Salmonella sp DAN JUMLAH KUMAN TOTAL DALAM LALAPAN (Studi pada warung makan tenda di sepanjang Jalan Raya Kelurahan Tembalang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Warung makan tenda menggunakan lalapan mentah sebagai pelengkap makanan. Lalapan yang dikonsumsi dalam keadaan mentah berisiko terkontaminasi Salmonella sp. Keberadaan Salmonella sp dalam makanan dapat menyebabkan demam tifoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas bakteriologis berdasarkan keberadaan Salmonella sp dan jumlah koman total serta mengetahui hubungan faktor yang mempengaruhi keberadaan Salmonella sp dalam lalapan. Penelitian ini merupakan Explanatory Research menggunakan metode survei dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 60 penjamah/karyawan pada 27 warung makan tenda dan sampel lalapan. Analisis data berdasarkan statistik deskriptif, tabulaasi silang dan uji chi square. Dari 27 sampel lalapan yang diperiksa, lima sampel diantaranya positif terkontaminasi Salmonella sp dan semua sampel memiliki jumlah kuman total yang melebihi batas maksimum standar peraturan Menteri Kesehatan No. 712/Menkes/PER/X/1996 yaitu 3x10^5 CFU. Variabel sanitasi air, kondisi kesehatan, personal hygiene dan sanitasi alat tidak berhubungan dengan keberadaan Salmonella sp. Sementara itu sanitasi tempat berhubungan dengan keberadaan Salmonella sp (p value = 0,047). Disarankan pada pengelola warung makan tenda agar memperhatikan sanitasi air, kondisi kesehatan, personal hygiene, sanitasi alat dan sanitasi tempat untuk mengurangi terjadinya pencemaran Salmonella sp dalam lalapan. Kata Kunci: Salmonella sp, lalapan, warung makan tenda

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37895
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:16 Jan 2013 09:45
Last Modified:16 Jan 2013 09:45

Repository Staff Only: item control page