PERBEDAAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN JUS APEL (PYRUS MALUS) ATAU JUS STROBERI (FRAGARIA CHILOENSIS L.) UNTUK MENGHAMBAT AKUMULASI PLAK GIGI PADA ANAK SDN CIBOGO BANDUNG

NOVIANA, TINA (2009) PERBEDAAN EFEKTIVITAS PEMBERIAN JUS APEL (PYRUS MALUS) ATAU JUS STROBERI (FRAGARIA CHILOENSIS L.) UNTUK MENGHAMBAT AKUMULASI PLAK GIGI PADA ANAK SDN CIBOGO BANDUNG. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Plak gigi merupakan penyebab utama terjadinya karies gigi. Karies gigi dapat dicegah dengan menghilangkan plak. Salah satu cara menghambat petumbuhan plak adalah dengan mengkonsumsi obat buatan atau alami seperti jus apel dan jus stroberi. Jus apel mengandung tannin dan jus stroberi mengandung katekin, polifenol dan xylitol yang mempunyai kegunaan untuk emncegah terjadinya karies gigi yang disebabkan oleh plak gigi. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan seberapa besar perbedaan efektivitas pemberian jus apel dan jus stroberi untuk menghambat akumulasi plak gigi. Jenis penelitian ini Observasional dengan rancangan the Pre-Post Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas 4,5,6 dengan jumlah total 107 siswa dengan cara randomisasi. Sampel diambil sebanyak 21 siswa secara sukarelawan. dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu kelompok jus apel, jus stroberi dan air bening. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jus stroberi lebih efektif untuk menurunkan indek plak sebesar 14,3% dibandingkan dengan jus apel sebesar 50,8% dari uji statistik Mann-Whitney menunjukkan adanya perbedaan selisih indek plak yang bermakna (p<0,05) antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan (kelompok jus stroberi dan kelompok jus apel). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berkumur dengan jus stroberi lebih efektif dibandingkan dengan jus apel.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37848
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:14 Jan 2013 10:33
Last Modified:14 Jan 2013 10:33

Repository Staff Only: item control page