PENGARUH PEMBERIAN AIR SEDUHAN DAUN SIRIH (PIPER BETLE) DAN CASEIN PHOSPHO PEPETIDE - AMORPHOUS CALSIUM PHOSPHATE TERHADAP PENCEGAHAN PLAK GIGI ( Studi Eksperimental Pada Siswa SD Negeri Tengki IV Brebes)

MA'SUMAH, AENI NUR (2009) PENGARUH PEMBERIAN AIR SEDUHAN DAUN SIRIH (PIPER BETLE) DAN CASEIN PHOSPHO PEPETIDE - AMORPHOUS CALSIUM PHOSPHATE TERHADAP PENCEGAHAN PLAK GIGI ( Studi Eksperimental Pada Siswa SD Negeri Tengki IV Brebes). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
11Kb

Abstract

Plak gigi merupakanpenyebab utama terjadinya karies gigi. Karies gigi dapat dicegah dengan menghilangkan plak. Salah satu cara menghambat pertumbuhan plak adalah dengan mengkonsumsi obat buatan atau alami seperti CPP-ACP dan air suduhan daun sirih. Tujuan penelitian ini dalah membuktikan pengaruh pemberian air seduhan sirih dan CPP-ACP terhadap pencegahan plak gigi. Jenis penelitian ini eksperimental dengan desain randomized control group pretest-posttest. Populasi dalam peenelitian ini adalah siswa SD kelas 4,5 dan 6 dengan jumlah total 121 siswa. Berdasarkan rumus eksperimental pendektan case control sampel diambil sebanyak 120 siswa. Karena ada kriteria inklusi dan eklusi sehingga sampel penelitian menjadi 102 siswa. kemudian sampel tersebut dirandomisasi untuk mengetahui siswa mana yang masuk kedalam tiap-tiap kelompok, yaitu kelompok air seduhan sirih, kelompok CPP-ACP dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh pemberian air seduhan sirih dan CPP-ACP terhadap penurunan indek plak (p=<0,0001) dan ada pengaruh pemberian air seduhan sirih dan CPP-ACP terhadap penurunan pH saliva (p=<0,0001). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa air seduhan sirih dan CPP-ACP berpengaruh terhadap ppunrurunan plak gigi dan air seduhan sirih dan CPP-ACP berpengaruh terhadap peningkatan pH saliva. Kata Kunci: plak gigi, pH saliva, CPP-ACP, air seduhan sirih

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37840
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:11 Jan 2013 13:54
Last Modified:11 Jan 2013 13:54

Repository Staff Only: item control page