HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PEKERJA DAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG PERNAFASAN (MASKER) DENGAN KAPASITAS FUNGSI PARU PADA PEKERJA WANITA BAGIAN PENGAMPELASAN DI INDUSTRI MEBEL "X" WONOGIRI (2013 - Skripsi)

KANDUNG, RIMBA PUTRA BINTARA (2013) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PEKERJA DAN PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG PERNAFASAN (MASKER) DENGAN KAPASITAS FUNGSI PARU PADA PEKERJA WANITA BAGIAN PENGAMPELASAN DI INDUSTRI MEBEL "X" WONOGIRI (2013 - Skripsi). Undergraduate thesis, Faculty of Public Health.

[img]
Preview
PDF - Published Version
6Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Dampak dari pencemaran industri mebel dapat mengganggu kesehatan pekerja dan pencemaran udara. Bahan pencemar tersebut berasal dari debu yang dihasilkan dari proses pengampelasan kayu. Debu dapat menimbulkan efek berupa gangguan fungsi paru apabila melebihi kadar ambang batas dan paparan yang cukup lama. Kapasitas fungsi paru dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu umur, masa kerja, kebiasaan olahraga, status gizi dan pemakaian masker . Tujuan penelitian ini adalah menganalisa hubungan antara karakteristik pekerja (umur, masa kerja, kebiasaan olahraga, status gizi) dan pemakaian masker dengan kapasitas fungsi paru pada pekerja wanita bagian pengampelasan di industri mebel ”x” Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square dan Fisher Exact. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 orang dengan jenis kelamin perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner keluhan subyektif, spirometer, microtoise, timbangan berat badan dan HVS (High Volume Sampler). Hasil analisis bivariat dengan uji Fisher Exact diperoleh nilai p=0,019. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara pemakaian masker dengan kapasitas fungsi paru. Dari uji statistic menggunakan Chi Square dengan tingkat kesalahan 5% (0,05) dengan nilai p < 0,05 dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara umur dengan kapasitas fungsi paru, tidak ada hubungan antara masa kerja dengan kapasitas fungsi paru, tidak ada hubungan antara kebiasaan olahraga dengan kapasitas fungsi paru, tidak ada hubungan antara status gizi dengan kapasitas fungsi paru, ada hubungan antara pemakaian masker dengan kapasitas fungsi paru. Di sarankan kepada pemilik perusahaan agar mengharuskan pekerja untuk memakai masker pada saat bekerja. Kata Kunci: Karakteristik pekerja, pemakaian masker, kapasitas fungsi paru

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37828
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:09 Jan 2013 11:00
Last Modified:09 Jan 2013 11:00

Repository Staff Only: item control page