HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS PENYAKIT DENGAN STATUS KESEHATAN PADA PASIEN LES ( LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK ) DI RSUP dr. KARIADI, SEMARANG

UTOMO, WICAKSONO N. and Suntoko, Bantar and Radityo S, Adhie Nur (2012) HUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS PENYAKIT DENGAN STATUS KESEHATAN PADA PASIEN LES ( LUPUS ERITEMATOSUS SISTEMIK ) DI RSUP dr. KARIADI, SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF
590Kb

Abstract

Latar Belakang : Lupus Eritematosus Sistemik ( LES ) adalah penyakit reumatik autoimun yang ditandai adanya inflamasi tersebar luas, yang mempengaruhi setiap organ atau sistem dalam tubuh. Manifestasi klinik dari LES beragam tergantung organ yang terlibat, dimana dapat melibatkan banyak organ dalam tubuh manusia dengan perjalanan klinis yang komplek dan bervariasi. Pada beberapa penelitian, aktivitas penyakit pada LES dianggap mempengaruhi status kesehatan pasien LES sehingga akan mempengaruhi prognosis pada tiap pasien LES. Tujuan : Mengetahui gambaran mengenai status kesehatan pasien LES serta hubungannya dengan aktivitas penyakit LES di RSUP dr. Kariadi, Semarang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan jenis cross sectional study. Sampel penelitian adalah pasien LES ( Lupus Eritematosus Sistemik ) yang berobat di Rumah Sakit Dokter Kariadi periode Mei-Juni 2012. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Uji statistik menggunakan uji korelasi Pearson/Sommer’s. Hasil : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara skor aktivitas penyakit LES dengan total skor status kesehatan ( p 0.123). Selain itu, arah korelasi antara skor aktivitas penyakit LES dengan total skor status kesehatan (r -0.223) adalah negatif dengan kekuatan korelasi lemah. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan antara aktivitas penyakit dengan status kesehatan pada pasien LES di RSUP dr. Kariadi, Semarang. Selain itu, gambaran status kesehatan pada pasien LES yang memiliki aktivitas penyakit LES ringan, sedang, dan berat menunjukkan hasil yang lebih rendah pada komponen fisik dibandingkan dengan komponen mental. Kata Kunci: Aktivitas penyakit, status kesehatan, LES.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:37818
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Jan 2013 11:26
Last Modified:08 Jan 2013 11:26

Repository Staff Only: item control page