PENGARUH KEMAMPUAN TENAGA PENJUAL, SISTEM DISTRIBUSI DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KINERJA LAUNCHING DALAM UPAYA MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS PRODUK GUDANG GARAM SURYA 12 PREMIUM (Studi Kasus di Kota Semarang)

NURWAHYUDI, Bakti Mei (2011) PENGARUH KEMAMPUAN TENAGA PENJUAL, SISTEM DISTRIBUSI DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KINERJA LAUNCHING DALAM UPAYA MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS PRODUK GUDANG GARAM SURYA 12 PREMIUM (Studi Kasus di Kota Semarang). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

632Kb

Abstract

Keberhasilan suatu launching produk sangat dipengaruhi oleh faktor perusahaan, tenaga penjual, dan strategi promosi. Tenaga penjualan dipandang sebagai hal yang bermanfaat dan menguntungkan perusahaan, mengingat keberhasilan launching produk baru dapat berimplikasi pada penciptaan brand awareness di benak konsumen. Pada tahun 2009 PT Gudang Garam Tbk mengeluarkan produk baru yaitu Gudang Garam Surya 12 Premium. Fenomena di lapangan saat ini menunjukkan bahwa penjualan produk rokok Gudang garam Surya 12 Premium belum mengalami peningkatan yang diharapkan meskipun kegiatan launching produk tersebut sudah sering dilakukan namun masih banyak masyarakat yang belum mengenal produk baru tersebut sehingga masih belum mampu menciptakan Brand Awareness terhadap produk rokok Gudang Garam Surya 12 Premium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan tenaga penjual terhadap kinerja launching, (2) pengaruh sistem distribusi terhadap kinerja launching, (3) pengaruh strategi promosi terhadap kinerja launching, dan (4) pengaruh kinerja launching terhadap brand awareness. Populasi dalam penelitian ini adalah outlet produk Gudang Garam Premium di Kota Semarang dan sampel dalam penelitian ini adalah outlet-outlet produk Gudang Garam Premium di Kota Semarang sebanyak 100 outlet. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan The Structural Equation Model (SEM) yang sebelumnya telah diuji kelayakannya menggunakan uji validitas dan reliabilitas terhadap konstruk item masing-masing pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel kemampuan tenaga penjual tidak berpengaruh terhadap kinerja launching, (2) variabel sistem distribusi tidak berpengaruh terhadap kinerja launching, (3) variabel strategi promosi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja launching, serta (4) variabel kinerja launching memiliki pengaruh positif terhadap Brand Awareness. Untuk meningkatkan kinerja launching, hal terpenting yang perlu dilakukan perusahaan adalah merencanakan strategi promosi yang efektif dan maksimal, karena strategi penjualan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja launching.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:37796
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:07 Jan 2013 09:01
Last Modified:07 Jan 2013 09:01

Repository Staff Only: item control page