DAMPAK IKLAN OBAT TERHADAP PERILAKU KONSUMSI OBAT: (Studi Kasus di Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajah Mungkur RT 005 / RW 002 )

DIMARA, SAMUEL OCTOVIANUS and Margawati, Ani (2012) DAMPAK IKLAN OBAT TERHADAP PERILAKU KONSUMSI OBAT: (Studi Kasus di Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajah Mungkur RT 005 / RW 002 ). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF
387Kb

Abstract

Latar Belakang : Perilaku pengobatan sendiri banyak dilakukan oleh masyarakat sehingga dapat menyebabkan medication error. Iklan obat mempunyai kontribusi terhadap perilaku pengobatan sendiri. Jika tidak diimbangi dengan informasi obat yang benar, maka akan membawa masyarakat ke arah penggunaan obat yang tidak rasional. Tujuan : Mendeskripsikan perilaku konsumsi obat pada ibu rumah tangga dan menganalisis dampak iklan obat terhadap perilaku konsumsi obat pada ibu rumah tangga. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain cross sectional. Lokasi penelitian di Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajah Mungkur RT 005 / RW 002 Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling dan didapatkan jumlah responden sebanyak 40 orang. Data dikumpulkan dengan angket, yang diisi sendiri oleh responden. Analisis data secara deskriptif dilakukan dengan uji chi square dan fischer exact test. Hasil : Ibu rumah tangga yang terpengaruh iklan obat tidak ada yang memiliki perilaku konsumsi obat yang tidak rasional dan 23 orang memiliki perilaku konsumsi obat yang rasional. Hasil dari analisis multivariat dengan menggunakan analisis regresi logistik menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari iklan obat terhadap perilaku konsumsi obat pada ibu rumah tangga di tempat penelitian setelah mempertimbangkan status pekerjaan sebagai variabel perancu dengan nilai signifikan p adalah 0,998. Kesimpulan : Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari iklan obat terhadap perilaku konsumsi obat pada ibu rumah tangga (Kelurahan Bendungan Kecamatan Gajah Mungkur RT 005 / RW 002). Kata Kunci: Iklan Obat, Konsumsi Obat.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:37775
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:04 Jan 2013 11:01
Last Modified:04 Jan 2013 11:01

Repository Staff Only: item control page