HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG REKAM MEDIS DENGAN KELENGKAPAN PENGISIAN CATATAN KEPERAWATAN : Di bangsal penyakit dalam RSUP Dr. Kariadi Semarang periode 1-31 Januari 2012

ARDIKA, RYCO GIFTYAN and Bhima, Sigit Kirana Lintang (2012) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG REKAM MEDIS DENGAN KELENGKAPAN PENGISIAN CATATAN KEPERAWATAN : Di bangsal penyakit dalam RSUP Dr. Kariadi Semarang periode 1-31 Januari 2012. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF
2440Kb

Abstract

Latar Belakang: Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan diwajibkan untuk membuat rekam medis. Rekam medis merupakan bukti tertulis tentang pelayanan yang diberikan oleh dokter dan dokter gigi yang berisi tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Perawat sebagai tenaga medis yang juga memberikan pelayanan kesehatan memiliki kewajiban untuk membuat dokumentasi dari tindakan asuhan keperawatan yang dilakukannya. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan perawat tentang rekam medis dengan kelengkapan pengisian dokumentasi asuhan keperawatan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian merupakan seluruh perawat yang bertugas di bangsal penyakit dalam RSUP Dr. Kariadi Semarang, sampel berjumlah 15 orang perawat yang terlibat langsung mengisi rekam medis. Data diperoleh dengan melakukan observasi tentang kelengkapan pengisian dokumentasi asuhan keperawatan pada rekam medis periode 1-31 Januari 2012 dan menggunakan kuesioner untuk menilai tingkat pengetahuan perawat tentang rekam medis (tata cara pengisian dan aspek hukum). Uji statistik menggunakan uji fisher exact-test. Hasil: Dalam penelitian ini ditemukan hasil yang bermakna antara variabel pengetahuan tentang aspek hukum rekam medis (p=0,017), tata cara pengisian dokumentasi asuhan keperawatan (p=0,022). Sedangkan variabel pengetahuan tentang rekam medis mendapatkan hasil yang bermakna yaitu (p=0,004). Simpulan: Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan perawat tentang rekam medis dengan kelengkapan pengisian dokumentasi asuhan keperawatan. Kata kunci: Perawat, Pengetahuan, Rekam Medis, Dokumentasi Asuhan Keperawatan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:37773
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:04 Jan 2013 10:48
Last Modified:04 Jan 2013 10:48

Repository Staff Only: item control page