UJI BANDING EFEKTIVITAS EKSTRAK BUAH PARE BELUT (TRICHOSANTHES ANGUINA LINN) DENGAN ZINC PYRITHIONE 1% TERHADAP PERTUMBUHAN PITYROSPORUM OVALE PADA PENDERITA BERKETOMBE

OKTAVIANA, RIFKA and Subakir, Subakir and Himawan, Arif Budi (2012) UJI BANDING EFEKTIVITAS EKSTRAK BUAH PARE BELUT (TRICHOSANTHES ANGUINA LINN) DENGAN ZINC PYRITHIONE 1% TERHADAP PERTUMBUHAN PITYROSPORUM OVALE PADA PENDERITA BERKETOMBE. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
HTML
870Kb

Abstract

Latar Belakang : Ketombe adalah skuama halus yang hiperproliferasi pada kulit kepala disertai rasa gatal dengan atau tanpa peradangan. Buah Pare belut merupakan bahan alam yang memiliki aktivitas antifungal. Zinc pythirione merupakan bahan aktif yang efektif dalam menghambat pertumbuhan Pityrosporum ovale penyebab ketombe. Tujuan : Membandingkan efektivitas ekstrak buah pare belut ( Trichosanthes Anguina Linn.) dengan zinc pyrithion 1% secara in vitro dalam menghambat pertumbuhan P.ovale pada penderita berketombe. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan Post test only control group design. Sampel merupakan 30 penderita ketombe yang dilakukan kerokan kulit kepala lalu diperiksa secara mikroskopis dengan KOH 10% ditambah tinta parker blue black. Hasil biakan positif diencerkan dalam larutan NaCL 0,9% steril dan dibuat sama kekeruhannya dengan larutan McFarlan 0,5 kemudian diambil 0,1 cc dan ditanamkan pada media SDA olive oil yang mengandung ekstrak buah pare belut 100% dan zinc pyrithione 1%. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi square atau uji Fischer exact dengan derajat kemaknaan p<0,05. Hasil : Dari 30 media SDA olive oil yang mengandung ekstrak buah pare belut 100%, 25 (41.7%) dinyatakan P.ovale negatif (-) dan 5(8.3%) tabung dinyatakan P.ovale positif (+). Dan 30 media SDA olive oil yang mengandung zinc pyrithione 1%, 1 (1.7%%) dinyatakan P.ovale positif (+) dan 29 (48.3%) dinyatakan P.ovale negatif(-). Syarat uji chi-square tidak terpenuhi, karena ada dua sel yang memiliki ekspektasi kurang dari 5 (1 dan 5), sehingga digunakan metode uji Fischer-exact dengan hasil p= 0,195 yang berarti efektivitas ekstrak buah pare belut 100% sebanding dengan zinc pythirione 1%. Kesimpulan : Efektivitas ekstrak buah pare belut ( T. Anguina Linn.) sebanding dengan zinc pyrithione1%dalam menghambat pertumbuhan P.ovale. Kata kunci : Ketombe, Pityrosporum ovale, ekstrak buah pare belut 100%, zinc pythirione 1%.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:37757
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Jan 2013 10:30
Last Modified:03 Jan 2013 10:30

Repository Staff Only: item control page