Persepsi Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Terhadap Pelatihan Keterampilan Klinik di Akhir Pendidikan Sarjana Kedokteran

Erickson, Rayno Praditya and Kristina, Tri Nur (2012) Persepsi Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Terhadap Pelatihan Keterampilan Klinik di Akhir Pendidikan Sarjana Kedokteran. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF
1745Kb

Abstract

Latar belakang: Pelatihan keterampilan klinik penting untuk diberikan karena bisa menjembatani jurang pemisah antara kuliah yang diberikan kepada mahasiswa di ruang kelas dengan situasi klinik kelak saat menangani pasien. Idealnya pelatihan ini diberikan selaras dengan perkuliahan yang berjalan dan bukan bukan di akhir pendidikan. Tujuan: Menganalisis persepsi mahasiswa kepaniteraan klinik terhadap pelatihan keterampilan klinik yang diberikan di akhir pendidikan sarjana dan fakor-faktor yang mempengaruhinya. Metode: Riset observasional berdesain belah lintang dilaksanakan pada Juni 2012. Subjek penelitian adalah 102 mahasiswa kepaniteraan klinik (koass) FK Undip 2012 yang telah mengikuti pelatihan keterampilan klinik di akhir pendidikan sarjana (panum). Variabel-variabel yang diteliti adalah persepsi koass terhadap program panum dan hubungannya dengan faktor diri, pengajar dan organisasi. Uji untuk membedakan faktor-faktor tersebut terhadap hasil persepsinya digunakan chi-square dan uji regresi logistik berganda. Hasil: 92,16% koass menyatakan pelatihan keterampilan klinik di akhir pendidikan sarjana bermanfaat untuk mereka. Pada analisis bivariate faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi koass terhadap panum adalah tingkat kepercayaan diri (p=0,03), pengalaman yang membuat koass menjadi lebih bersemangat mengikuti panum (p=0,01); kemampuan profesional instruktur (p=0,021), kemampuan mengajar instruktur (p<0,0001), lingkungan pembelajaran panum (p<0,0001) dan kualitas sarana dan prasarana panum (p=0,005). Pada analisis multivariate didapatkan faktor penting yang mempengaruhi persepsi koass terhadap panum ialah penilaian koass mengenai lingkungan pembelajaran panum (p=0,01) Kesimpulan: Pelatihan keterampilan klinik di akhir pendidikan sarjana bermanfaat untuk koass dan persepsi ini dipengaruhi oleh faktor diri, pengajar dan organisasi pelatihan keterampilan klinik. Kata kunci : persepsi koass, pelatihan keterampilan klinik, panum

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:37752
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jan 2013 12:24
Last Modified:02 Jan 2013 12:24

Repository Staff Only: item control page