PERBEDAAN PENGARUH JUS KACANG MERAH, YOGHURT SUSU DAN YOGHURT KACANG MERAH TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN TRIGLISERIDA SERUM PADA TIKUS DISLIPIDEMIA

RACHMANDIAR, RARAS and Murwani R, Hesti (2012) PERBEDAAN PENGARUH JUS KACANG MERAH, YOGHURT SUSU DAN YOGHURT KACANG MERAH TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL DAN TRIGLISERIDA SERUM PADA TIKUS DISLIPIDEMIA. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF
1172Kb

Abstract

Latar Belakang: Sindroma metabolik (SM) merupakan faktor risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler dan diabetes mellitus tipe 2. SM ditandai dengan dislipidemia atau abnormalitas profil lipid. Kacang merah memiliki kandungan utama proantosianidin, isoflavon dan resistant starch (RS) mampu menurunkan kolesterol total dan trigliserida serum. Yoghurt mengandung bakteri asam laktat mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serum. Penggabungan isoflavon dan bakteri asam laktat dapat meningkatkan aktivitas kacang merah dalam menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida serum. Tujuan: Mengetahui perbedaan pengaruh jus kacang merah (JKM), yoghurt susu(YS) dan yoghurt kacang merah (YKM) terhadap kadar kolesterol total dan trigliserida serum pada tikus dislipidemia. Metode: Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan post test only with control group design. Sampel adalah tikus wistar jantan usia 8 minggu, diinduksi dislipidemia dengan otak sapi dan propylthiouracil (PTU). Pada kelompok perlakuan 1, 2 dan 3 diberikan JKM, YS dan YKM secara berturut-turut 4 ml/hari selama 28 hari. Kadar kolesterol total dan trigliserida serum diperiksa dengan metode CHOD-PAP dan GPO-PAP. Normalitas data diuji dengan Saphiro-wilk. Data pada kelompok kontrol dianalisis dengan paired t test sedangkan pada masing-masing kelompok perlakuan dilakukan analisis independent t test. Setelah itu dilakukan uji oneway ANOVA yang dilanjutkan dengan uji LSD. Hasil: JKM dan YS menurunkan kadar trigliserida serum namun tidak signifikan dan meningkatkan kadar kolesterol total secara signifikan. YKM menurunkan kadar kolesterol total secara signifikan (p<0,05) dan menurunkan kadar trigliserida serum tetapi tidak signifikan (p>0,05). Simpulan: Yoghurt kacang merah sebanyak 4 ml/hari selama 28 hari mampu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida serum. Kata Kunci : Jus Kacang Merah, Yoghurt Susu, Yoghurt Kacang Merah, Kolesterol Total, Trigliserida, Dislipidemia.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:37747
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jan 2013 10:33
Last Modified:02 Jan 2013 10:33

Repository Staff Only: item control page