OPTIMALISASI AGAR COKLAT DARAH MANUSIA SEBAGAI MEDIA UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK TERHADAP Haemophilus influenzae : PERAN PACKED RED CELL DAN PENCUCIAN ERITROSIT SEBANYAK EMPAT KALI

AULIA, RADITH and Farida, Helmia (2012) OPTIMALISASI AGAR COKLAT DARAH MANUSIA SEBAGAI MEDIA UJI SENSITIVITAS ANTIBIOTIK TERHADAP Haemophilus influenzae : PERAN PACKED RED CELL DAN PENCUCIAN ERITROSIT SEBANYAK EMPAT KALI. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF
1558Kb

Abstract

Latar belakang : Media standar untuk uji sensitivitas antibiotik terhadap Haemophilus influenzae adalah Haemophilus Test Media. Tidak diproduksinya media standar ini di Indonesia, serta mahalnya harga impor membuat uji standar rutin untuk Haemophilus influenzae jarang dilakukan. Penggunaan darah manusia sebagai media uji sensitivitas antibiotik terhadap Haemophilus influenzae belum pernah dilakukan sebelumnya. Tujuan : Membandingkan hasil uji sensitivitas berbagai antibiotik yang ditanam pada media Haemophilus Test Media (HTM), agar cokelat darah domba (ACD), agar cokelat darah manusia tanpa modifikasi (ACM), dan agar cokelat darah manusia dengan modifikasi cuci eritrosit secara intensif dan penambahan kadar hemoglobin (ACMHM). Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan true-experimental post test only. Uji kepekaan antibiotik dilakukan dengan menggunakan metode difusi cakram (CLSI 2011) pada media HTM, ACD, ACM, ACMHC terhadap 11 strain H.influenzae. Kesesuaian hasil uji dengan media HTM diukur menggunakan uji statistik Kappa dengan syarat penerimaan K>0,80. Hasil : Uji statistik Kappa menunjukkan bahwa media ACD dan ACM memiliki nilai K>0,80 hanya uintuk 40% (ACD) dan 60% (ACM) dari antibiotik yang diuji, sedangkan ACMHC memiliki nilai K>0,80 untuk semua antibiotik yang diuji. Kesimpulan : ACD dan ACM tidak dapat dijadikan sebagai media alternatif untuk uji sensitivitas antibiotik terhadap H.influenzae, sedangkan ACMHC dapat dijadikan sebagai media alternatif untuk uji sensitivitas antibiotik terhadap H.influenzae. Kata kunci : Haemophilus influenzae, Haemophilus Test Media, Agar Cokelat Darah Manusia, Uji Sensitivitas Antibiotik.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:37742
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:02 Jan 2013 10:18
Last Modified:02 Jan 2013 10:18

Repository Staff Only: item control page