HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PRODI DOKTER FK UNDIP

PRATAMA, PUTRI and SUDARYANTO, SUDARYANTO (2012) HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN BERPIKIR KRITIS DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PRODI DOKTER FK UNDIP. Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF
2885Kb

Abstract

Latar Belakang : Pendekatan berpikir kritis digunakan secara luas dalam dunia pendidikan kedokteran yang bertujuan untuk menyiapkan dokter yang terampil mengaplikasikan kemampuan berpikir kritis dalam melakukan anamnesis, menegakkan diagnosis, menentukan terapi, dan melakukan aktivitas intelektual lain. Keberhasilan sistem pendidikan dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dipengaruhi oleh kurikulum, mahasiswa, dosen, dan lingkungan belajar. IPK sebagai satu – satunya learning outcomes yang diukur apakah merefleksikan kecenderungan berpikir kritis? Tujuan : Menganalisis hubungan antara kecenderungan berpikir kritis dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Prodi Dokter di FK Undip. Metode : Subjek adalah 95 orang mahasiswa Prodi Dokter FK Undip angkatan 2008 hingga 2011 yang dipilih secara simple random sampling dengan jumlah subjek minimal 67 responden. Pengambilan data primer berupa kecenderungan berpikir kritis dilakukan dengan pengisian kuesioner CCTDI yang dibagikan kepada 98 responden namun dikembalikan oleh 95 responden. Data sekunder berupa IPK diambil dari Bagian Akademik FK Undip. Data di analisis dengan uji korelasi Spearman. Hasil : Tidak terdapat korelasi bermakna antara kecenderungan berpikir kritis dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), rs = -0,094, p=0,367. Tidak terdapat korelasi bermakna antara kecenderungan berpikir kritis dengan tingkat perkuliahan akademik, rs = -0,168, p=0,104. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara jenis kelamin dengan kecenderungan berpikir kritis ( p=0,672) dan antara jenis kelamin dengan IPK (p=0,448). Kesimpulan : IPK tidak selalu dapat menggambarkan kecenderungan berpikir kritis . Kecenderungan berpikir kritis tidak selalu meningkat seiring meningkatnya tingkat perkuliahan akademik. Perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap prestasi akademis dan logika penalaran. Kata kunci: Kecendrungan Berpikir Kritis, IPK.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > R Medicine (General)
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:37735
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:02 Jan 2013 09:51
Last Modified:02 Jan 2013 09:51

Repository Staff Only: item control page