PROPORSI DAN STATUS GIZI ANAK USIA 6-24 BULAN YANG MENGALAMI KESULITAN MAKAN DI SEMARANG :(Studi Kasus di Kelurahan Tandang dan Sendangguwo)

ANTOLIS, PATRICIA VANESSA and Setiawati EM, Mexitalia (2012) PROPORSI DAN STATUS GIZI ANAK USIA 6-24 BULAN YANG MENGALAMI KESULITAN MAKAN DI SEMARANG :(Studi Kasus di Kelurahan Tandang dan Sendangguwo). Undergraduate thesis, Fakultas Kedokteran.

[img]
Preview
PDF
2062Kb

Abstract

Latar Belakang : Kesulitan makan merupakan masalah dalam pemberian makanan maupun pemenuhan kebutuhan gizi yang pada umumnya dijumpai pada anak dan menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia. Penelitian mengenai proporsi dan status gizi pada anak usia 6-24 bulan yang mengalami kesulitan makan di Indonesia masih jarang dilakukan. Diharapkan dengan mengetahui hal tersebut, dapat mengantisipasi masalah gangguan gizi pada anak yang mengalami kesulitan makan. Tujuan : Mengetahui proporsi dan status gizi pada anak usia 0-6 bulan yang mengalami kesulitan makan di Semarang. Metode : Penelitian dengan studi cross-sectional dilakukan pada 95 anak usia 6- 24 bulan yang menurut pendapat orang tua memiliki kesulitan makan di Kelurahan Tandang dan Sendangguwo, Semarang. Diagnosis jenis kesulitan makan dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Status gizi anak dinilai bersasarkan pengukuran antropometri. Hasil : Didapatkan jenis kesulitan makan inappropriate feeding practice sebesar 95,8%, dan misparental perception sebesar 4,2%. Status gizi pada anak dengan kesulitan makan jenis parental misperception adalah gizi baik (4,2%) sedangkan pada inappropriate feeding practice 1,1% adalah obesitas, 1,1% gizi lebih, 86,3% gizi baik, 5,3% gizi kurang, dan 2,1% gizi buruk. Simpulan : Secara mayoritas jenis kesulitan makan pada subyek yang diteliti mayoritas adalah inappropriate feeding practice. Status gizi pada sebagian besar anak usia 6-24 bulan yang mengalami kesulitan makan adalah gizi baik. Kata kunci : proporsi kesulitan makan, status gizi, anak, usia 6-24 bulan

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions:Faculty of Medicine > Department of Medicine
Faculty of Medicine > Department of Medicine
ID Code:37731
Deposited By:Ms Lutfiatun Heni
Deposited On:02 Jan 2013 09:16
Last Modified:02 Jan 2013 09:16

Repository Staff Only: item control page