HERLINA, Vivi (2011) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Akademik dan Kualitas Layanan Administrasi terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus STIE Totalwin Semarang). Masters thesis, Diponegoro University.
Microsoft Word Restricted to Registered users only 56Kb | |
Microsoft Word Restricted to Registered users only 174Kb | |
Microsoft Word Restricted to Registered users only 56Kb | |
Microsoft Word Restricted to Registered users only 262Kb | |
Microsoft Word Restricted to Registered users only 85Kb | |
Microsoft Word 201Kb |
Abstract
Peranan pendidikan dalam kehidupan sangat penting. Dampak dari globalisasi yang muncul saat ini adalah timbulnya persaingan yang semakin tajam dalam berbagai sektor kehidupan. Di bidang pendidikan tinggi, tantangan dan persaingan semakin berat dan kompleks yang diakibatkan oleh ekspansi pasar internasional dalam dunia pendidikan di satu sisi dan dinamika internal pendidikan dalam negeri di sisi lain. Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan dalam dunia pendidikan tinggi di era globalisasi saat ini adalah dengan berusaha meningkatkan rasa kepuasan konsumen terhadap jasa/layanan yang diberikan pihak universitas kepada mahasiswanya (Tjiptono, 2004). STIE Totalwin sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang ada di Semarang, harus menerapkan konsep mengutamakan kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik. Berdasarkan data yang dimiliki STIE Totalwin Semarang, jumlah keluhan mahasiswa terhadap pelayanan administrasi maupun pelayanan akademik di STIE Totalwin Semarang relatif meningkat selama periode November 2009 hingga Mei 2010. Oleh karena itu, pada penelitian ini hendak dianalisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda yang dilakukan dengan SPSS 16. Salah satu syarat untuk melakukan uji analisis berganda perlu dilakukan uji asumsi klasik. Hal ini diperlukan agar persamaan regresi yang dihasilkan bersifat BLUE (Best,Linear,Unbiased,Estimator). Selain itu untuk menilai goodness of fit suatu model dilakukan uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa STIE Totalwin sedang. Hal ini dapat dilihat dari nilai indeks kepuasan mahasiswa STIE Totalwin sebesar 54,95%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management |
ID Code: | 37671 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 20 Dec 2012 07:51 |
Last Modified: | 20 Dec 2012 07:51 |
Repository Staff Only: item control page