ANALISIS PENGARUH BOPO, NIM, GWM, LDR, PPAP DAN NPL TERHADAP ROE (Studi Komparatif pada Bank Go Public dan Bank Non Go Public di Indonesia Periode Tahun 2007-2009)

WATI, Erna (2011) ANALISIS PENGARUH BOPO, NIM, GWM, LDR, PPAP DAN NPL TERHADAP ROE (Studi Komparatif pada Bank Go Public dan Bank Non Go Public di Indonesia Periode Tahun 2007-2009). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF
75Kb
[img]PDF
Restricted to Registered users only

358Kb

Abstract

Penilaian kesehatan suatu bank dapat dilihat dari berbagai aspek, salah satunya dengan mengetahui tingkat profitabilitas bank tersebut. Return on Equity (ROE) adalah salah satu acuan bagi investor dalam mengukur besarnya laba untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut telah menjalankan usahanya secara efisien atau belum dengan memanfaatkan modal yang telah diinvestasikan. ROE merupakan rasio antara laba setelah pajak terhadap total modal sendiri. Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah terdapat pengaruh dari Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Net Interest Margin (NIM), Giro Wajib Minimum (GWM), Loan to Deposit Ratio (LDR), Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP), dan Non Performing Loan terhadap Return on Equity (ROE) pada bank go public dan non go public di Indonesia periode tahun 2007 sampai dengan 2009. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria bank go public dan non go public di Indonesia yang menyajikan laporan keuangan dan menghasilkan laba periode 2007 sampai dengan 2009. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 81 bank terdiri atas 21 bank go public dan 60 bank non go public di Indonesia periode 2007 - 2009. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi berganda. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa BOPO, NIM, LDR, dan NPL secara signifikan berpengaruh terhadap ROE pada bank-bank go public di Indonesia periode 2007– 2009. Sedangkan untuk kategori bank non go public, hanya BOPO, NIM dan LDR yang secara signifikan berpengaruh terhadap ROE. Sedangkan GWM dan PPAP tidak berpengaruh secara signifikan terhadap ROE baik pada bank go public maupun non go public. Dari hasil nilai sum square residual diperoleh nilai F hitung pada uji Chow test sebesar 2,207 dan Nilai F tabel sebesar 1,96. Karena Nilai F hitung lebih besar dibanding F tabel, maka terdapat perbedaan signifikan antara pengaruh BOPO, NIM, GWM, LDR, PPAP, dan NPL terhadap ROE pada bank go public dan non go public

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:37662
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:19 Dec 2012 09:08
Last Modified:19 Dec 2012 09:08

Repository Staff Only: item control page