Kajian Tingkat Kebisingan Pertambangan Yang Diterima di Area Pemukiman Sekitar Tambang di Desa Jaladri, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

Syarif Hidayat, - (2012) Kajian Tingkat Kebisingan Pertambangan Yang Diterima di Area Pemukiman Sekitar Tambang di Desa Jaladri, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan .

[img]
Preview
PDF
53Kb

Abstract

ABSTRAK Kegiatan Pertambangan merupakan kegiatan yang padat akan aktifitas peralatan yang dapat menimbulkan suara yang menganggu lingkungan terutama lingkungan pemukiman yang berada di sekitar lokasi kegiatan pertambangan tersebut. Kementrian lingkungan hidup telah menetapkan besaran tingkat baku lingkungan suara yang di lingkungan, terutama lingkungan masyakarat. Menggunakan Metode survei dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 48 tahun 1996 untuk pengukuran tingkat kebisingan di area pertambangan dan pemukian serta melakukan identifikasi sumber kebisingan, rona tata lahan tapak tambang dan pemukiman. Vegetasi di sekitar tapak area tambang memiliki kerapatan yang rendah. Aktivitas kegiatan dari mekanisasi dua unit alat crusher memberikan konstribusi pemberi kebisingan terbanyak selama 24 jam dengan termasuk jenis kebisingan kontinyu dan intermitten sedangkan kegiatan pemboran batuan yang mempunyai tingkat kebisingan tertinggi namun memiliki konstribusi terendah serta termasuk jenis kebisingan kontinyu. Tingkat kebisingan siang-malam di tiga Dusun yakni Tegal poh, Karanglo dan Watugede telah melampaui batas baku kebisingan lingkungan yang ditetapkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup, kecuali Dusun Karangploso yang lebih rendah 1 dBA dari batas baku lingkungan. Namnun saat jam produksi yakni pukul 07.00 hingga pukul 21.45 WITA batas baku lingkungan kawasan tentang kebisingan lingkungan telah terlampaui. penanaman vegetasi yang rapat perlu dilakukan guna mengurangi kebisingan yang diterima dipemukiman. Kata kunci : Kebisingan, Pertambangan, Pemukiman, Crusher, Batas Baku Lingkungan

Item Type:Article
Subjects:Q Science > Q Science (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Science
ID Code:37626
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:08 Dec 2012 14:49
Last Modified:08 Dec 2012 14:49

Repository Staff Only: item control page