ANALISIS KRITERIA DAN INDIKATOR KERENTANAN MASYARAKAT TERHADAP PERUBAHAN IKLIM BERBASIS DAS (STUDI KASUS SUB DAS GARANG HULU)

Muchtar Efendi, - (2012) ANALISIS KRITERIA DAN INDIKATOR KERENTANAN MASYARAKAT TERHADAP PERUBAHAN IKLIM BERBASIS DAS (STUDI KASUS SUB DAS GARANG HULU). Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan .

[img]
Preview
PDF
93Kb

Abstract

ABSTRACT Dampak terhadap pemanasan global adalah terjadinya perubahan iklim yang berpengaruh terhadap kondisi ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS). Sub DAS Garang Hulu menyediakan sumber daya alam yang banyak memberikan banyak manfaat bagi penduduk di sekitamya, antara lain sebagai sumber daya pertanian, sumber air bersih, sumber perikanan air tawar maupun pemanfaatan air lainnya. Degradasi DAS Garang menyebabkan ekosistem tidak dapat optimal menyediakan fungsi dan jasa yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Kondisi ini menyebabkan penurunan tingkat kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan tingkat kerentanan masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengindentifikasi pola perubahan iklim di Sub DAS Garang dan melakukan analisis kriteria dan indikator yang berpengaruh dalam kerentanan masyarakat terhadap perubahan iklim. Metode studi literatur dan wawancara mendalam dengan para ahli digunakan dalam mengindentifikasi kriteria dan indikator kerentanan masyarakat terhadap perubahan iklim. Hasil Indentifikasi selanjutnya dianalisa dengan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan pembobotan kriteria dan indikator kerentanan masyarakat yang merupakan fungsi dari tiga komponen, yaitu exposure (paparan), sensitivity (kepekaan), dan adaptive capacity (kemampuan adaptasi). Hasil analisis terhadap data curah hujan Semarang periode (1980-2010) menunjukkan telah terjadi perubahan iklim di Sub DAS Garang dengan kecenderungan curah hujan yang menurun volumenya. Dari hasil wawancara dan AHP menunjukkan bahwa komponen kepekaan mempunyai peran tertinggi 46,3% kemudian kemampuan adaptasi 33,9% dan paparan 19,8%. Kata kunci : DAS, kerentanan, paparan, kepekaan, kemampuan adaptasi.

Item Type:Article
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Environmental Science
ID Code:37614
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:08 Dec 2012 14:10
Last Modified:08 Dec 2012 14:10

Repository Staff Only: item control page