PEMILIHAN JENIS POHON LOKAL CEPAT TUMBUH UNTUK PEMULIHAN LINGKUNGAN LAHAN PASCATAMBANG BATUBARA (STUDI KASUS DI PT. SINGLURUS PRATAMA, KALIMANTAN TIMUR)

Burhanuddin Adman, - (2012) PEMILIHAN JENIS POHON LOKAL CEPAT TUMBUH UNTUK PEMULIHAN LINGKUNGAN LAHAN PASCATAMBANG BATUBARA (STUDI KASUS DI PT. SINGLURUS PRATAMA, KALIMANTAN TIMUR). Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan . pp. 1-5.

[img]
Preview
PDF
47Kb

Abstract

ABSTRACT Upaya reklamasi di pengusahaan pertambangan yang masuk dalam Kawasan Budidaya Kehutanan menyebabkan upaya reklamasi mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kehutanan yang mensyaratkan penanaman jenis lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi jenis-jenis pohon lokal cepat tumbuh yang berpotensi untuk revegetasi lahan pascatambang batubara di PT. Singlurus Pratama. Untuk mengidentifikasi jenis pohon lokal yang tumbuh alami di areal sekitar tambang dilakukan analisis vegetasi, sedangkan untuk memilih jenis pohon untuk revegetasi dilakukan analisis sampel tanah dari wilayah hutan sekitar tambang dan areal reklamasi, kajian habitat tempat tumbuh tiap jenis serta kemampuan regenerasi alami. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tujuh jenis pohon yang berpotensi untuk digunakan dalam revegetasi lahan pascatambang, yaitu Ficus sp., Fordia splendidissima, Homalanthus populneus, Leea indica, Macaranga hypoleuca, Syzygium sp. dan Vernonia arborea. Keywords: Pohon Lokal, Revegetasi, Tambang Batubara, PT. Singlurus Pratama.

Item Type:Article
Subjects:Q Science > QK Botany
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Science
ID Code:37600
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:08 Dec 2012 12:32
Last Modified:08 Dec 2012 12:32

Repository Staff Only: item control page