Nilai Pelestarian Lingkungan dalam Kearifan Lokal Lubuk Larangan Ngalau Agung di Kampuang Surau Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat

Amin Pawarti, - (2012) Nilai Pelestarian Lingkungan dalam Kearifan Lokal Lubuk Larangan Ngalau Agung di Kampuang Surau Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam .

[img]
Preview
PDF
258Kb

Abstract

ABSTRACT Lubuk Larangan Ngalau Agung merupakan suatu daerah tertentu di sungai yang diberi batasan oleh masyarakat, untuk tidak boleh diganggu dan diambil ikannya di Kampuang Surau Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Lubuk larangan Ngalau Agung memiliki daerah di Sungai Batang Pangian sepanjang 1 km, lebar 15 m, kedalaman 1,25 m dan di darat sepanjang 1 km dengan lebar 5m. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pelestarian lingkungan yang terkandung dalam kearifan lokal Lubuk Larangan Ngalau Agung tersebut. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan purposive sampling dan snowball sampling terhadap informan kunci yaitu Wali Nagari, Perangkat Adat, Pengelola, Tokoh Masyarakat dan Karang Taruna. Metode lain yang digunakan untuk mendukung hasil wawancara adalah observasi lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan masyarakat pada batasan areal yang tidak boleh diganggu memberikan dampak positif pelestarian lingkungan. Nilai pelestarian lingkungan dalam pelaksanaan kearifan lokal Lubuk Larangan Ngalau Agung berupa tidak boleh menyakiti ikan, tidak boleh mengambil ikan, tidak boleh menganggu ikan, tidak boleh berkata tidak baik (takabur) di sekitar lokasi lubuk larangan, dan tidak boleh berlaku tidak baik di sekitar lokasi lubuk larangan. Keywords: Pelestarian, Lingkungan, Kearifan Lokal, Lubuk Larangan, Ngalau Agung.

Item Type:Article
Subjects:H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Environmental Science
ID Code:37597
Deposited By:ms Hastomo Agus
Deposited On:08 Dec 2012 12:11
Last Modified:08 Dec 2012 12:11

Repository Staff Only: item control page