DOES CLASS SIZE AFFECT THE LEARNING OF ENGLISH AS A SECOND OR FOREIGN LANGUAGE?

Asmarani , Ratna (2001) DOES CLASS SIZE AFFECT THE LEARNING OF ENGLISH AS A SECOND OR FOREIGN LANGUAGE? Kajian Sastra (4). pp. 179-183. ISSN 0852 0704

[img]
Preview
PDF (Word to PDF conversion (via antiword) conversion from application/msword to application/pdf) - Published Version
6Kb

Abstract

Tujuan tulisan ini adalah untuk melihat apakah ’class size’ (jumlah murid dalam 1 kelas) mempengaruhi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing berdasarkan pendapat umum bahwa jumlah murid yang terlalu besar dalam 1 kelas akan mempengaruhi hasil pembelajaran bahasa. Untuk mengetahui hal ini akan disoroti 2 permasalahan yang saling berkaitan. Yang pertama adalah melihat kemungkinan adanya pengaruh ’class size’ terhadap ’language learning achievement’ (pencapaian pembelajaran bahasa) jika ditinjau dari konteks diluar diri pembelajar (misalnya, kondisi ruangan, fasilitas belajar mengajar, pengajar dan metode pengajaran). Yang kedua melihat kemungkinan adanya pengaruh ’class size’ terhadap ’language learning achievement’ jika ditinjau dari konteks dalam diri pembelajar sebagai individu mandiri (misalnya umur, kepribadian, kecerdasan, motivasi, sikap dan bakat). Hasil pembahasan menunjukkan bahwa sulit membuktikan secara pasti keterkaitan yang jelas antara pencapaian pembelajaran dengan jumlah murid per kelas. Hal ini dikarenakan banyak faktor, baik faktor manusia maupun bukan, yang mempengaruhi hubungan antara ’class size’ dan ’language learning achievement’. Faktor-faktor tersebut ada yang mendukung effect negatif jumlah murid yang besar dalam 1 kelas tetapi ada juga yang tidak. Yang perlu digaris bawahi disini adalah kenyataan bahwa semua faktor-faktor ini tidak bisa digeneralisir untuk masing-masing individu yang menambah ruwet keterkaitan dan pengaruh jumlah murid terhadap pembelajaran bahasa asing.

Item Type:Article
Uncontrolled Keywords: kelas besar, kondisi ruang kelas, pencapaian pembelajaran
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Humanities > Department of English
ID Code:3757
Deposited By:mrs sastra inggris
Deposited On:14 Jan 2010 15:16
Last Modified:14 Jan 2010 15:16

Repository Staff Only: item control page