PEMBUATAN YOGHURT SUSU SAPI DENGAN BANTUAN MIKROORGANISME DALAM PLAIN YOGHURT MENGGUNAKAN ALAT FERMENTOR (MANUFACTURE OF COW’S MILK YOGHURT WITH THE HELP OF MICROORGANISMS IN PLAIN YOGHURT USING FERMENTOR)

SUSILOWATI, SUSILOWATI (2012) PEMBUATAN YOGHURT SUSU SAPI DENGAN BANTUAN MIKROORGANISME DALAM PLAIN YOGHURT MENGGUNAKAN ALAT FERMENTOR (MANUFACTURE OF COW’S MILK YOGHURT WITH THE HELP OF MICROORGANISMS IN PLAIN YOGHURT USING FERMENTOR). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
38Kb

Abstract

Tugas akhir pembuatan yoghurt susu sapi dengan bantuan mikroba dalam plain yoghurt menggunakan fermentor ini ada dua variabel. Variabel yang pertama adalah pengaruh penambahan kadar mikroorganisme terhadap kadar asam laktat yang dihasilkan dan variabel kedua adalah pengaruh penambahan kadar gula terhadap asam laktat yang dihasilkan setelah proses pembuatan yoghurt selesai. Uji untuk kedua variabel meliputi uji kadar asam laktat dan uji organoleptik dimana hasil yang didapatkan untuk variabel pertama adalah kadar asam laktat tertinggi adalah penambahan mikroba 25% b/b dengan sempel susu sapi 200 ml didapatkan kadar asm laktat 1,4%. Variabel kedua penambahan kadar gula, hasil terbaik didapat dengan penambahan kadar gula terbanyak 5% b/b dari sampel susu sapi 200 ml terdapat kandungan asam laktat sebesar 1,45%. Kadar asam laktat yang dihasilkan sudah sesuai dengan SNI yoghurt SNI-01-2891-1992. Uji organoleptik meliputi rasa, aroma, dan kesukaan. Uji organoleptik ini dilakukan oleh 10 panelis dan didapatkan hasil untuk variabel 1 terbaik adalah penambahan mikroba 25%, yoghurt yang dihasilkan sangat asam, bau sangat menyengat dank has, banyak yang gemar. Variabel 2 menghasilakan yoghurt dengan penambahan gula 5% menjadi pilihan kesukaan panelis terbanyak dengan rasa sangat asam dan bau yang khas yoghurt.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:37493
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:04 Dec 2012 13:06
Last Modified:04 Dec 2012 13:06

Repository Staff Only: item control page