PENGARUH PERASAN AIR JERUK DAN KONSENTRASI MIKROBA TERHADAP BERAT KOAGULASI, PH DAN ASAM LAKTAT HASIL FERMENTASI SUSU SAPI MENJADI KEJU OLAHAN DENGAN BANTUAN BAKTERI Lactobacillus bulgaricus (The Effect lime and Microbial Concentration of Heavy Coagulation, pH, Lactic Acid to Fermentation of Milk With The Assistance bacteria Lactobacilus bulgaricus to be Cheese)

Purwanjoko, Nugroho Patrias (2012) PENGARUH PERASAN AIR JERUK DAN KONSENTRASI MIKROBA TERHADAP BERAT KOAGULASI, PH DAN ASAM LAKTAT HASIL FERMENTASI SUSU SAPI MENJADI KEJU OLAHAN DENGAN BANTUAN BAKTERI Lactobacillus bulgaricus (The Effect lime and Microbial Concentration of Heavy Coagulation, pH, Lactic Acid to Fermentation of Milk With The Assistance bacteria Lactobacilus bulgaricus to be Cheese). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
61Kb

Abstract

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Setiap 100 gram susu terkandung panas sebesar 70.5 kilokalori, protein sebanyak 3.4 gram, lemak 3.7 gram, mengandung kalsium sebesar 125 miligram. Keju dimana keju merupakan hasil produk olahan susu sapi. Pembuatan keju pun melalui beberapa tahapan diantaranya pasteurisasi agar mematikan bakteri pathogen yang menggangu proses pembuatan keju, pengasaman yaitu proses bakteri asam laktat mengubah kandungan laktosa pada susu menjadi asam laktat sehingga suasana berubah menjadi asam, pengentalan yaitu pemberian enzim rennet agar terjadi penggumpalan pada susu, persiapan sebelum pematangan dan yang terahir proses pematangan. Fermentasi berarti suatu proses terjadinya perubahan kimia pada suatu substrat organik melalui aktivitas enzim yang dihasilkan oleh mikroba atau dapat juga berarti desimilasi anaerobik senyawa – senyawa organik yang disebabkan oleh aktivitas mikroorganisme/ekstrak dari sel – sel tersebut. Alat yang digunakan untuk melakukan fermentasi adalah fermentor di mana dalam fermentor dapat dilakukan pengendalian suhu sehingga hasil praktikum sama dengan apa yang diharapkan.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:37445
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Dec 2012 10:10
Last Modified:03 Dec 2012 10:10

Repository Staff Only: item control page