Strategi Komunikasi Bidang Bina Ketahanan Remaja BKKBN Provinsi Jawa Tengah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Generasi Berencana

Mohan, Raden Kevin (2012) Strategi Komunikasi Bidang Bina Ketahanan Remaja BKKBN Provinsi Jawa Tengah Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Generasi Berencana. Undergraduate thesis, Ilmu Komunikasi FISIP UNDIP.

[img]
Preview
PDF
170Kb

Abstract

Sesuai dengan perkembangan teknologi, banyak hal yang membawa perubahan terhadap perilaku remaja, namun perubahan tersebut lebih cenderung mengarah ke hal yang negatif. Masalah yang timbul di kalangan remaja misalnya masalah seksualitas (kehamilan tak diinginkan, aborsi), AIDS, penyalahgunaan Napza dan sebagainya. Dalam kondisi semacam ini remaja membutuhkan informasi mengenai kesehatan reproduksi, aktivitas yang bermanfaat dan menjadi kreatif sehingga remaja memiliki kesempatan untuk meneruskan pendidikan dan masa depan dengan bekal yang cukup. Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan program PKBR (Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja) suatu program untuk memfasilitasi remaja belajar memahami dan mempraktekkan perilaku hidup sehat dan berakhlak guna mewujudkan Generasi Berencana (GENRE) Indonesia. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dilakukanlah strategi komunikasi yang berdasarkan pada beberapa teori, diantaranya adalah PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayak dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian (Jefkins: 2003: 9-10). Semua kegiatan public relations diperlukan strategi yang tepat agar tujuan dari kegitan tersebut dapat tercapai. Stephen Robbins (dalam Morrisan, 2008:152) mendefinisikan strategi sebagai penentuan tujuan jangka panjang dan memutuskan arah tindakan serta mendapatkan sumber-sumber yang diperlukan untuk mencapai tujuan. J L Thompson (dalam Oliver, 2006: 2) mendefinisikan strategi sebagai cara untuk mencapai sebuah hasil akhir. Hasil akhir menyangkut tujuan dan sasaran organisasi. Strategi komunikasi ini digunakan untuk membantu tujuan dari BKKBN Provinsi Jawa Tengah dalam meningkatkan jumlah peserta generasi berencana. Hasil penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala Bidang Bina Ketahanan Remaja BKKBN, Aan Supardan dan Kepala bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga Djoko Susanto didapatkan bahwa bidang ketahanan remaja menggunakan strategi komunikasi dengan saluran meda lini atas serta lini bawah Artinya, jika strategi komunikasi tersebut dilaksanakan terus menerus, maka kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai program KB dapat tercapai. Maka, penulis memberikan saran kepada Bidang Bina Ketahanan Remaja BKKBN Provinsi Jawa Tengah untuk terus menjalankan dan meningkatkan strategi tersebut. Key Words : Strategi Komunikasi, Bidang Bina Ketahanan Remaja, Jumlah Genre

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Faculty of Social and Political Sciences > Diploma in Public Relations
ID Code:37438
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:03 Dec 2012 09:42
Last Modified:03 Dec 2012 09:42

Repository Staff Only: item control page