UJI STABILITAS PROSES HOMOGENISASI SALAD DRESSING DARI MINYAK JAGUNG DAN AIR JERUK NIPIS (Stability Analysis of Homogenization Process of Corn Oil and Lime Juice Salad Dressings)

PUJIYATI, HILDA NURANI (2012) UJI STABILITAS PROSES HOMOGENISASI SALAD DRESSING DARI MINYAK JAGUNG DAN AIR JERUK NIPIS (Stability Analysis of Homogenization Process of Corn Oil and Lime Juice Salad Dressings). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
60Kb

Abstract

Salad Dressing merupakan salah satu jenis makanan yang menggunakan proses pencampuran (homogenisasi) dengan prinsip pencampuran minyak dengan air. Homogenizer adalah suatu alat yang dirancang terdiri dari digital LCD, pengaduk, stabilizer, statif, dan clamp. Alat homogenizer ini mampu mencampur dengan kecepatan tinggi sampai 27.000 rpm yang dapat memisahkan antara air dengan minyak. Tujuan dari penggunaan alat homogenizer untuk pengujian stabilitas proses homogenisasi salad dressing ini, dengan menggunakan kecepatan putar homogenasasi, dan waktu putar yang berbeda – beda saat pencampuran. Dalam uji stabilitas homogenisasi variable tetap digunakan yaitu minyak dan perasan air jeruk nipis dan sebagai variable berubah digunakan kecepatan putar dan lama waktu pemutaran. Semakin cepat putaran dan waktu pemutaran yang lama maka bahan akan terhomogenisasi dengan baik. Analisa yang dilakukan dalam percobaan ini adalah homogenisasi bahan, uji organoleptik dan uji stabilitas homogenisasi Pada uji densitas dan viskositas didapat nilai densitas berbanding lurus dengan viskositas. Semakin besar densitas / berat jenis bahan, maka viskositasnya juga semakin besar. Begitu pula sebaliknya, jika nilai densitas suatu bahan kecil, maka viskositasnya juga semakin kecil. Densitas dan viskositas dipengaruhi oleh waktu dan kecepatan putar homogenizer.Semakin cepat putaran homogenizer dan waktu pemutaran yang lama makan bahan akan terhomogenisasi dengan sangat baik. Pada uji organoleptik, seluruh variable menunjukkan hasil yang sama pada perasa kulit lengket minyak, dan rasa sedikit asam. Untuk uji warna dan aroma yaitu berwarna kuning pucat dan hanya beraroma lemon.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:37343
Deposited By:Mrs Pudja D3 Teknik Kimia
Deposited On:29 Nov 2012 11:02
Last Modified:29 Nov 2012 11:02

Repository Staff Only: item control page