PENENTUAN KONDISI OPTIMUM PROSES PEMBUATAN PULP DARI AMPAS TEBU MENGGUNAKAN PROSES ACETOSOLV (Optimum Condition Adjustment of Pulp Making Process From Sweetcane Waste With Acetosolve Process)

CAHYO, ENDRO TRI (2012) PENENTUAN KONDISI OPTIMUM PROSES PEMBUATAN PULP DARI AMPAS TEBU MENGGUNAKAN PROSES ACETOSOLV (Optimum Condition Adjustment of Pulp Making Process From Sweetcane Waste With Acetosolve Process). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
86Kb

Abstract

Perkembangan industri pulp di Indonesia berjalan dengan cepat, tetapi hal tersebut tidak diimbangi dengan pasokan bahan baku yang memadai. Saat ini, sebagian besar industri tersebut berjalan pada kapasitas terpasangnya bahan baku dari hutan alam yang semakin menipis dan mahal. Ampas tebu (bagase), limbah dari batang tebu setelah dilakukan pengempaan dan pemerasan, secara umum mempunyai sifat serat yang hampir sama dengan sifat serat kayu daun lebar. komponen utama ampas tebu terdiri dari serat sekitar 43-52%, dan padatan terlarut 2-3%. Disamping itu ampas tebu mengandung kadar sellulosa yang tinggi sekitar 37,65%. Dari besarnya kadar sellulosa yang terdapat dalam ampas tebu tadi, maka dapat diambil suatu analisa bahwa ampas tebu dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan pulp. Proses pembuatan pulp dari ampas tebu menggunakan proses acetosolv adalah proses pembuatan pulp yang ramah lingkungan dari segi limbah yang dihasilkan. Proses pembuatan pulp ampas tebu menggunakan bahan baku berupa ampas tebu sebanyak 300 gram dimasak dengan larutan asam asetat (CH3COOH) 80% dengan perbandingan 1 : 12 (ampas tebu : larutan pemasak). Percobaan dilakukan sebanyak 4 kali percobaan untuk mendapatkan kondisi optimum pembuatan pulp dari ampas tebu dengan proses acetosolv. Dari percobaan yang dilakukan didapatkan hasil percobaan dengan kondisi pembuatan yang optimal adalah pada suhu 145 0C dengan lama waktu pemasakan selama 2 jam. Hasil poses pulping didapatkan kadar α selulosa 34,00 % dan %yield 42,67%. Semakin tinggi kadar α selulosa maka kertas yang dihasilkan akan semakin baik kualitasnya. Faktor yang mempengaruhi proses pulping adalah suhu, konsentrasi, konsistensi dan waktu

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:37297
Deposited By:Mrs Pudja D3 Teknik Kimia
Deposited On:29 Nov 2012 08:59
Last Modified:29 Nov 2012 08:59

Repository Staff Only: item control page