Pengaruh Suhu Dalam Pembuatan Minuman Probiotik Sari Buah Melon (Curcumismelo L.) Dengan Starter Lactobacillus Bulgaricus Menggunakan Fermentor ( The Influence of Temperature in The Manufacture of Probiotic Drink Melon juice (Curcumismelo L.) with Lactobacillus Bulgaricus Starter Using a Fermentor )

FIRMANSYAH, DHION ZUWANDA (2012) Pengaruh Suhu Dalam Pembuatan Minuman Probiotik Sari Buah Melon (Curcumismelo L.) Dengan Starter Lactobacillus Bulgaricus Menggunakan Fermentor ( The Influence of Temperature in The Manufacture of Probiotic Drink Melon juice (Curcumismelo L.) with Lactobacillus Bulgaricus Starter Using a Fermentor ). Undergraduate thesis, Undip.

[img]
Preview
PDF - Published Version
55Kb

Abstract

Fermentasi mempunyai arti yang berbeda bagi ahli biokimia dan mikrobiologi industri. Arti fermentasi pada bidang biokimia dihubungkan dengan pembangkitan energi oleh katabolisme senyawa organik. Minuman probiotik merupakan minuman yang mengandung mikroorganisme hidup yang mempunyai pengaruh menguntungkan untuk induk semangnya melalui keseimbangan mikroorganisme usus. Dari hasil percobaan yang dilakukan diketahui bahwa variabel suhu didapatkan suhu optimal yaitu suhu 350C dengan pH 4. Sedangkan pada variabel pH didapat pH optimal yaitu pada pH 5 dengan hubungan berbanding lurus, jika semakin asam pH yang di fermentasi maka semakin banyak kandungan asam laktatnya. Kadar asam laktat pada variabel suhu sebesar 0,981%, 1,062%, 1,269%, 1,467%, 1,683%. Hal ini sesuai dengan Standart Nasional Indonesia (SNI) probiotik buah dengan kadar asam laktat 0,5-2,0% dan pH berkisar antara 3 – 4,6.

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:T Technology > TP Chemical technology
Divisions:Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
Faculty of Engineering > Diploma in Chemical Engineering
ID Code:37272
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:27 Nov 2012 10:54
Last Modified:27 Nov 2012 10:54

Repository Staff Only: item control page