PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MA. RIYDLOTUT THALABAH SEDAN REMBANG

ANSHORI, Anshori (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI MA. RIYDLOTUT THALABAH SEDAN REMBANG. Masters thesis, Program Pascasarjana UNDIP.

[img]Microsoft Word
Restricted to Repository staff only

445Kb

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik korelasional, mengambil lokasi di MA. Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang dengan populasi semua siswa kelas X dan XI tahun pelajaran 2010-2011. Jumlah sampel ada 80 siswa yang diambil secara proporsional random sampling. Untuk data prestasi belajar diperoleh dari rata-rata nilai raport siswa, sedangkan untuk motivasi belajar dan kompetensi guru diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan positip dan signifikan antara: 1) Motivasi belajar siswa dengan prestasi belajarnya dengan koefisisen korelasi 0,533, nilai signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi 28,4%; 2) kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi 0,457, nilai signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi 20,8%; dan 3) motivasi belajar dan kompetensi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa di MA. Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang dengan koefisien konkordasi 0,888, nilai signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi 77,6 %. Ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajarnya sebesar 28,4 % ; 2) kompetensi guru berpengaruh terhadap prestasi siswa sebesar 20,8% dan 3) motivasi belajar siswa dan kompetensi guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 76 %. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kompetensi Guru dan Pestasi belajar

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Public Administration
ID Code:37235
Deposited By:Mrs Ekana Perpus Pasca
Deposited On:26 Nov 2012 10:23
Last Modified:02 Mar 2013 22:09

Repository Staff Only: item control page