ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS,RASIO LEVERAGE, RASIO AKTIVITAS, DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP NET INCOME GROWTH (Studi Pada Perusahaan Perdagangan Retail Yang Listed di BEI Periode 2005 – 2009)

PRIMARTANTY, Rima (2011) ANALISIS PENGARUH RASIO LIKUIDITAS,RASIO LEVERAGE, RASIO AKTIVITAS, DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP NET INCOME GROWTH (Studi Pada Perusahaan Perdagangan Retail Yang Listed di BEI Periode 2005 – 2009). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

596Kb
[img]
Preview
PDF
152Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel rasio likuiditas yang diukur dengan Current Ratio (CR), rasio leverage yang diukur dengan Debt to Assets Ratio (DAR), rasio aktivitas yang diukur dengan Inventory Turnover (IT), serta rasio profitabilitas yang diukur dengan Net Profit Margin (NPM)terhadap Net Income Growth (NIG) pada perusahaan perdagangan retail yang listed di BEI periode 2005 – 2009. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria : (1) Perusahaan telah terdaftar di BEI pada periode tahun 2005 – 2009; (2) Selama periode penelitian, perusahaan membuat laporan keuangan tahunan dan telah dipublikasikan secara lengkap dan luas; (3) Selama periode penelitian,perusahaan selalu mendapatkan laba bersih yang positif. Data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2007 hingga 2010 untuk periode penelitian 2005 – 2009. Berdasarkan kriteria, diperoleh sampel sebanyak 6 perusahaan dari 15 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS), uji asumsi klasik, dan uji hipotesis menggunakan F-statistik untuk menguji pengaruh koefisien regresi secara serentak serta t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara individual dengan level of significance 5%. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel CR, DAR, dan IT secara individual berpengaruh negatif signifikan terhadap NIG pada level of significance kurang dari 5% yaitu masing-masing sebesar 0,001, 0,011, dan 0,006. Namun pada variabel IT, pengaruh yang negatif signifikan terhadap NIG tersebut menunjukkan arah yang berlawanan dengan hipotesis penelitian yaitu variabel IT berpengaruh positif terhadap NIG. Sedangkan, variabel NPM secara individual berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap NIG pada level of significance lebih dari 5% yaitu sebesar 0,888.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:37200
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:23 Nov 2012 09:16
Last Modified:23 Nov 2012 09:16

Repository Staff Only: item control page