ANALISIS PENGARUH FDR, NPF, BOPO, KAP, DAN PLO TERHADAP RETURN ON ASSET Studi pada Bank Syariah di Indonesia Periode Tahun 2006-2010

NUGROHO, Aluisisus Wishnu (2011) ANALISIS PENGARUH FDR, NPF, BOPO, KAP, DAN PLO TERHADAP RETURN ON ASSET Studi pada Bank Syariah di Indonesia Periode Tahun 2006-2010. Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

583Kb
[img]
Preview
PDF
232Kb

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel FDR, NPF, BOPO, KAP, dan PLO, terhadap ROA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya research gap dari penelitian terdahulu dan fenomena business gap dari data kelompok bank syariah di Indonesia, tahun 2006-2010 pada Statistik Perbankan Indonesia sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan yang meneliti permasalahan faktor-faktor yang mempengaruhi Return On Asset (ROA) dengan didasari oleh teori yang mendasar. Faktor-faktor tersebut terdiri dari variabel FDR, NPF, BOPO, dan PLO. Selain dari variabel penelitian tersebut juga dilakukan perluasan penelitian dengan menambah variabel penelitian berupa Kualitas Aktiva Produktif (KAP) sehingga membedakan penelitian ini dengan penelitian terdahulu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria bank syariah di Indonesia yang menyajikan laporan keuangan periode 2006 sampai dengan 2010 dan bank syariah yang memperoleh laba periode 20062010. Data diperoleh berdasarkan publikasi Direktori Perbankan Indonesia periode tahun 2006 sampai dengan tahun 2010. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 16 perusahaan dari 34 bank syariah di Indonesia periode 2006-2010. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa data FDR, NPF, dan BOPO secara parsial signifikan terhadap ROA.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Management
ID Code:37168
Deposited By:INVALID USER
Deposited On:22 Nov 2012 10:10
Last Modified:22 Nov 2012 10:10

Repository Staff Only: item control page