ANALISIS PENGARUH BID-ASK SPREAD, MARKET VALUE, DAN VARIAN RETURN SAHAM TERHADAP HOLDING PERIOD PADA SAHAM LQ 45 ( Studi di BEI Periode Februari 2008 – Januari 2009 )

WISAYANG, Vinsensia Retni Widi (2011) ANALISIS PENGARUH BID-ASK SPREAD, MARKET VALUE, DAN VARIAN RETURN SAHAM TERHADAP HOLDING PERIOD PADA SAHAM LQ 45 ( Studi di BEI Periode Februari 2008 – Januari 2009 ). Masters thesis, Diponegoro University.

[img]PDF
Restricted to Registered users only

611Kb
[img]
Preview
PDF
138Kb

Abstract

Dalam melakukan investasi, Investor memiliki kebebasan untuk memilih jenis saham perusahaan yang go public. Selain memilih saham, investor juga memiliki kebebasan dalam membeli jumlah lembar saham dan lamanya memegang financial asset tersebut. Akan tetapi investor harus memiliki pertimbangan untuk mengurangi resiko sampai serendah-rendahnya untuk mendapatkan gain yang optimal. Jika investor memprediksikan bahwa saham perusahaan yang dibelinya tersebut dapat menguntungkan, maka investor akan cenderung menahan sahamnya dalam jangka waktu yang lebih lama, tentunya dengan harapan bahwa harga jual saham tersebut akan lebih tinggi dimasa yang akan datang dan sebaliknya. Oleh karena itu lama tidaknya seorang investor menahan dananya pada suatu saham perusahaan tertentu untuk waktu tertentu yang disebut Holding Period merupakan hal yang menarik untuk di teliti. Penelitian ini bertujuan menganalisis apakah terdapat pengaruh dari bid ask spread,market value dan varian return terhadap Holding Period. Penelitian ini menguji Holding Period pada saham-saham LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode Februari 2008 - Januari 2009. Sampel dari penelitian ini menggunakan 34 perusahaan yang selalu terdaftar di LQ 45. Analisis yang digunakan adalah uji t, dan regresi berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah closing price, jumlah saham beredar, volume perdagangan saham, serta bid dan ask price. Dari hasil penelitian Adjusted R2 diperoleh nilai 26,3 % variasi holding period dapat dijelaskan oleh ketiga variabel yaitu bid-ask spread, market value dan varian return sedangkan 73,7 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Sedangkan dari hasil uji t diperoleh bukti bahwa variabel bid-ask spread berpengaruh positif dan signifikan terhadap holding period, market value berpengaruh positif dan tidak signifikan dan variabel varian return berpengaruh positif dan signifikan terhadap holding period. Ketiga hasil tersebut telah teruji dengan signifikasi α = 5% dan yang paling berpengaruh terhadap holding period adalah bid ask spread dan varian return. Dari hasil uji F diperoleh bukti bahwa bid-ask spread, market value dan varian return secara simultan bersama-sama berpengaruh terhadap holding period saham. Dari hasil penelitian ini maka para investor dipasar modal diharapkan lebih memperhatikan faktor varian return, karena memberikan informasi yang sangat penting bagi investor. Jika varian return meningkat (ketidakpastian saham tersebut makin besar) maka sebaiknya cepat melepas saham perusahaan tersebut dan jika varian return menurun (ketidakpastian saham tersebut makin kecil) maka dapat menahan saham perusahaan tersebut lebih lama. Faktor lain yang perlu diperhatikan yaitu bid-ask spread dan market value. Semakin tinggi bid-ask spread dan market value maka akan semakin lama saham tersebut akan dimiliki oleh investor.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Management
ID Code:37164
Deposited By:Mr Endhar Priyo Utomo
Deposited On:22 Nov 2012 08:59
Last Modified:22 Nov 2012 08:59

Repository Staff Only: item control page