PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Aulianto, Dwi Ridho PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO. PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK MAHASISWA DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO .

[img]PDF
Restricted to Registered users only

301Kb

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akademik terhadap Kualitas Layanan Akademik Mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Tujuan penelitian untuk mengetahui sistem informasi akademik, mengetahui pengaruh penerapan sistem informasi akademik terhadap kualitas layanan akademik, dan mengetahui besar pengaruh variabel sistem informasi akademik terhadap kualitas layanan akademik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Metode penelitian yang digunakan menggunakan perpaduan kuantitatif dan kualitatif. Pengolahan hasil kuesioner selanjutnya dikaji dengan wawancara. Hasil kuesioner diuji dengan uji reliabilitas, uji validitas, uji regresi, uji determinasi, dan uji hipotesis. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan SPSS 18. Hasil penelitian diketahui bahwa sistem informasi akademik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan sistem berbasis web yang dapat diakses melalui loket fakultas maupun secara online. Sistem ini memudahkan mahasiswa dalam mengakses informasi akademik, dan sebagai alat temu balik informasi akademik yang cepat. Dari hasil pengolahan dan analisis data kuesioner didapatkan hasil bahwa variabel sistem informasi akademik berpengaruh signifikan terhadap kualitas layanan akademik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Hal ini dapat dilihat dari uji T, yaitu dengan membandingkan t-tabel dan t-hitung dengan a= 5%. Hasilnya ada pengaruh signifikan antara sistem informasi akademik dengan signifikan terhadap kualitas layanan akademik, dengan t-hitung (3,833) lebih besar dari t-tabel (1,669). Artinya semakin baik sistem informasi akademik maka kualitas layanan akademik akan semakin meningkat.

Item Type:Article
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions:Faculty of Humanities > Diploma in Library and Information
ID Code:37084
Deposited By:mrs Perpustakaan FIB
Deposited On:20 Nov 2012 15:13
Last Modified:20 Nov 2012 15:14

Repository Staff Only: item control page