EVALUASI PENGELOLAAN UNDIP INSTITUTIONAL REPOSITORY

Priyanto, Sugeng (2012) EVALUASI PENGELOLAAN UNDIP INSTITUTIONAL REPOSITORY. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF (Thesis Revisi)
1173Kb

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah memberikan solusi dengan mengalihbentukkan koleksi tercetak ke dalam bentuk digital dan menghasilkan suatu system informasi untuk mengelola koleksi tersebut. Institutional repository sebagai salah satu system informasi merupakan trend baru dalam pengelolaan hasil karya intelektual institusi dalam bentuk digital. Melimpahruahnya koleksi local content dalam wujud tercetak di suatu institusi menimbulkan masalah dalam hal penyimpanan dan penyebarluasan isi informasinya. Sivitas akademika Universitas Diponegoro banyak menghasilkan karya intelektual. Undip Institutional repository dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan, mengelola dan menyebarkan hasil karya intelektual Undip. Selain itu Undip IR juga dimaksudkan untuk meningkatkan visibilitas, prestise dan nilai publik Undip di kalangan perguruan tinggi di Indonesia dan di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam pengembangan Undip Institutional repository dalam pengelolaan koleksi local content di Undip yaitu pengetahuan dan pemahaman sivitas akademika, kontribusi, persepsi mengenai hak cipta dan open access serta strategi pengembangan Undip Institutional Repository. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggabungkan pendekatan/metodologi kuantitatif dan kualitatif. Jenis studi kasus yang dipilih adalah studi kasus ilustratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, wawancara mendalam (in-depth interviews) dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa sivitas akademika masih banyak yang belum mengetahui dan memahami Undip Institutional Repository, kontribusi masih dilakukan oleh petugas yang ditunjuk yaitu pustakawan/staf IT, dan masih banyak dosen yang takut akan terjadinya plagiarisme. Strategi pengembangan yang dapat dirumuskan yaitu mengajukan suatu surat keputusan rektor tentang penetapan UPT Perpustakaan sebagai lembaga yang menaungi institutional repository, membuat suatu prosedur digitalisasi dan pengunggahan local content di Undip Institutional Repository, mengusulkan adanya suatu aturan deposit karya ilmiah, merumuskan suatu copy right transfer agreement, lebih meningkatkan sosialisasi dan promosi serta mendorong peningkatan self deposit (unggah mandiri) dari para dosen dan mahasiswa.

Item Type:Thesis (Masters)
Subjects:Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions:Library > Central Library
ID Code:37075
Deposited By:Mr. Sugeng Priyanto
Deposited On:20 Nov 2012 14:56
Last Modified:09 May 2019 17:33

Repository Staff Only: item control page