REVITALISASI PERAN PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA (PLKB) DALAM MENINGKATKAN PESERTA KB (Studi di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang)

ZUHRIYAH, LAILATUZ (2012) REVITALISASI PERAN PETUGAS LAPANGAN KELUARGA BERENCANA (PLKB) DALAM MENINGKATKAN PESERTA KB (Studi di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang). Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img]
Preview
PDF - Published Version
8Kb

Official URL: http://www.fkm.undip.ac.id

Abstract

Revitalisasi peran Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) tidak terlepas dari peran BKKBN. Adanya perubahan bentuk kelembagaan KB pasca otonomi daerah menyebabkan jumlah PLKB menjadi menurun dan tugas menjadi bertambah. Hal tersebut dikarenakan organisasi KB yang ada tidak hanya menangani bidang KB saja, melainkan terdapat bidang lain. Untuk meningkatkan kapasitas PLKB sehingga jumlah peserta KB dapat meningkat maka diperlukan pengembangan SDM yang terdiri dari pengorganisasian, pendidikan dan pelatihan, kepemimpinan, kompensasi dan motivasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui revitalisasi peran PLKB di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian rancangan kualitatif. Pengumpulan data dengan indepth interview. Informan utama adalah 4 orang PLKB Kecamatan Banyumanik. Uji validitas dengan triangulasi sumber kepada Ka.UPTB, Kasubid Jejaring dan Informasi KB, Lurah Tinjomoyo, Lurah Srondol Wetan, Bidan Puskesmas Ngesrep, dan 5 peserta KB. Hasil penelitian ini adalah organisasi KB Kota Semarang adalah Bapermasper dan KB. Peran dari PLKB tetap sama seperti sebelum SOTK berubah menjadi Bapermasper dan KB, tetapi karena bentuk kelembagaan yang berbeda maka tugas dan tanggung jawab PLKB menjadi bertambah. Pendidikan dan pelatihan yang diperoleh PLKB sudah sesuai dengan tugas yang akan di laksanakan di lapangan, namun untuk bidang lain selain bidang KB PLKB belum memperoleh pelatihan maupun sosialisasi. Kepemimpinan Ka.UPTB kepada PLKB berjalan dengan baik. Kompensasi yang diterima secara rutin setiap bulan oleh PLKB adalah gaji, tunjangan fungsional dan kesejahteraan pegawai dan adanya motivasi PLKB untuk tetap bekerja dengan baik walaupun SOTK telah berubah dan pendanaan berkurang. Untuk tercapainya tujuan dan sasaran program KB di lapangan, maka perlu adanya pengembalian peran PLKB yang terdiri dari 10 langkah kerja. Kata kunci : Revitalisasi Peran PLKB, Peserta KB Kepustakaan : 41, 1984-2011

Item Type:Thesis (Undergraduate)
Subjects:R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions:Faculty of Public Health > Department of Public Health
ID Code:37034
Deposited By:admin FKM undip
Deposited On:20 Nov 2012 12:49
Last Modified:20 Nov 2012 12:49

Repository Staff Only: item control page