PENINGKATAN KEPADATAN LEKSIKAL TULISAN ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS UDINUS MELALUI PENGAJARAN NOMINALISASI

Sunardi, Sunardi (2010) PENINGKATAN KEPADATAN LEKSIKAL TULISAN ILMIAH MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS UDINUS MELALUI PENGAJARAN NOMINALISASI. In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
255Kb

Official URL: http://mli.undip.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tulisan ilmiah mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Dian Nuswantoro yang tercermin dari tingginya kepadatan leksikal tulisan. Upaya peningkatan ini dilaksanakan melalui penelitian tindakan kelas bagi 20 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Writing IV pada semester genap tahun akademik 2009 – 2010. Tindakan kelas berupa pengajaran materi nominalisasi dan penerapannya dalam kalimat yang dilaksanakan dalam beberapa siklus dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi, dan refleksi tindakan. Peningkatan kepadatan leksikal tulisan mahasiswa dapat tercapai pada Siklus Ketiga dengan ditandai tercapainya indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini, yaitu skor rata-rata kepadatan leksikal kelas sebesar 40% atau lebih. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengajaran materi nominalisasi dan penerapannya dalam tulisan ilmiah terbukti mampu membuat tulisan tersebut memiliki tingkat kepadatan leksikal yang tinggi sehingga mampu menyampaikan banyak informasi dalam setiap kalimatnya. Oleh karena itu, materi nominalisasi dalam kalimat perlu diajarkan kepada mahasiswa secara dini melalui mata kuliah English Grammar atau Writing agar mereka terbiasa dengan proses nominalisasi dalam kalimat sebagai salah satu ciri teks ragam tulis dan ilmiah.

Item Type:Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords:kepadatan leksikal, nominalisasi, tulisan ilmiah
Subjects:P Language and Literature > P Philology. Linguistics
L Education > L Education (General)
Divisions:Postgraduate Program > Master Program in Linguistic
ID Code:37005
Deposited By:Mr Ahlis Ahwan
Deposited On:19 Nov 2012 12:28
Last Modified:19 Nov 2012 12:34

Repository Staff Only: item control page