Sutarsih, Sutarsih (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA SD MENUANGKAN IDE DALAM MENULIS PROSA SEDERHANA: SEBUAH PENELITIAN TINDAKAN KELAS. In: Seminar dan Lokakarya Nasional Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi. ISBN: 978-979-097001-4, 2 Oktober 2010, Hotel Pandanaran Semarang.
| PDF - Published Version 208Kb |
Official URL: http://mli.undip.ac.id
Abstract
Menulis menjadi sesuatu yang sulit untuk dilakukan siswa sekolah dasar (SD) karena ketidakmampuan mereka berbahasa dalam menuangkan ide dan gagasan tentang apa yang dibaca, dilihat, dan didengar. Para sisiwa sekolah dasar tersebut lebih mudah berbicara, tetapi tidak bisa menuliskan kembali apa yang dibicarakan semudah mereka berbicara. Masalah ketidakmampuan siswa tersebut antara lain disebabkan oleh belum ditemukannya metode dan media yang paling cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis kreatif. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas proses pembelajaran di kelas dan profesional guru. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK, guru menemukan metode dan media yang paling cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis kreatif sehingga siswa meningkat kreativitasnya dan menyenangi pelajaran mengarang
Item Type: | Conference or Workshop Item (Speech) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | meningkatkan, kemampuan, berbahasa, menulis, kreatif, prosa, dan PTK |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics L Education > L Education (General) |
Divisions: | School of Postgraduate (mixed) > Master Program in Linguistic |
ID Code: | 37004 |
Deposited By: | INVALID USER |
Deposited On: | 19 Nov 2012 12:28 |
Last Modified: | 19 Nov 2012 12:28 |
Repository Staff Only: item control page